Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Apresiasi Kerja Sama Bank BJB dan PWNU Jabar, Ridwan Kamil: Saya Yakin Kemajuan Umat Akan Terasa

Kompas.com - 01/04/2022, 13:53 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengapresiasi kesepakatan bersama antara PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten (Bank BJB) dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jabar tentang pemanfaatan dan penggunaan produk, jasa, dan layanan perbankan.

"Setelah nota kesepahaman (MoU) ini masing-masing pihak melakukan kerja sama dengan baik, saya yakin kemajuan umat akan terasa," katanya saat menyaksikan penandatanganan MoU tersebut di Hotel Horison Bandung, Kamis (31/3/2022).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menuturkan, berbagai fitur dan produk layanan Bank BJB dapat mendukung program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi yang berbasis keumatan di lingkungan NU Jabar.

"Ini sejalan dengan visi Jabar, bahwa bank bjb harus jadi penggerak dan pendorong perekonomian daerah melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk PWNU Jabar," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Selain penandatanganan kerja sama, Bank BJB juga menyerahkan bantuan corporate social responsibility (CSR) kepada 27 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jabar.

Baca juga: BPK Jabar Tarik Tim Pemeriksa yang Ketuanya Diduga Memeras RS dan Puskesmas di Kabupaten Bekasi

"Hari ini saya konkrit memberikan dukungan untuk program-program di 27 PCNU, khususnya untuk peningkatan sarana pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup," kata Kang Emil.

Adapun ruang lingkup kerja sama Bank BJB dan PWNU Jabar meliputi:

  1. Kerja sama agen laku pandai Bank BJB dengan PCNU, lembaga, dan pesantren NU.
  2. Pembiayaan untuk modal usaha berbasis kelompok di rumah ibadah atau BJB Kredit Mesra yang diinisiasi Gubernur Jabar serta bank bjb dan Pengurus Besar NU (PBNU). 
  3. Pemasaran produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Bank BJB di lingkungan PWNU Jabar.
  4. Pengutipan zakat melalui channel Bank BJB.
  5. Pemasangan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Bank BJB di lingkungan PWNU Jabar, seperti masjid dan pesantren.
  6. Sosialisasi dan edukasi pasar modal di lingkungan PWNU Jabar yang akan didukung BJB Sekuritas.

Kesepakatan yang dituangkan melalui MoU tersebut ditandatangani Direktur Utama (Dirut) Bank BJB Yuddy Renaldi dan Ketua PWNU Jabar Juhadi Muhammad.

Baca juga: Ridwan Kamil Cari Pengisi Jabatan Kepala Badan Pengelola Cekungan Bandung, Ini Kriterianya

Sampai saat ini, terdapat 10.000 lembaga pendidikan yang dikelola NU Jabar dengan total jumlah santri mencapai 500.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com