Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Barnabas Orno Minta Konjen Australia Promosikan Pariwisata dan Ajak Investor ke Maluku

Kompas.com - 22/03/2022, 17:14 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Konsulat Jenderal (Konjen) Australia Bronwyn Robbins melakukan kunjungan kerja ke Kantor Gubernur Maluku, Selasa (22/3/2022).

Bronwyn Robbins datang ke Kantor Gubernur Maluku bersama Konsul Emma Roberts dan Senior Reseacher Lulu Purnamasari. Kedatangan mereka disambut langsung Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Barnabas Orno.

Baca juga: Tarif Penyeberangan di Pelabuhan Maluku Naik Mulai 1 April, Ini Besarannya

Dalam pertemuan tersebut, wagub didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku Meykal Pontoh, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Marcus J Pattinama, Kepala Dinas PTSP Suryadi Sabirin, Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Malawat, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Abdul Haris.

Pertemuan itu dalam rangka penjajakan kerja sama di bidang pariwisata, pendidikan, perikanan, perhubungan, dan investasi, pertanian, pangan, dan lain-lain.

Dalam pertemuan itu, Pemprov Maluku mengajak Konsulat Australia bekerja sama membantu kemajuan Maluku. Penjajakan kerja sama itu, salah satunya dengan mempromosikan pariwisata Maluku.

“Membantu kami mempromosikan Maluku. Tolonglah ajak investor ke sini,” kata Wagub Maluku Barnabas Orno dalam pertemuan itu.

Menurut Orno, Maluku dan Australia memiliki hubungan persudaraan secara historis. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya monumen Tugu Dolan di kawasan Kuda Mati Ambon.

“Itu mesti dipromosikan,” kata Wagub.

Menurutnya, kerja sama bilateral antara Indonesia (Maluku) dengan Australia sangat penting.

Program pengembangan di berbagai sektor pembangunan bisa dijajaki untuk mendukung pertumbuhan Maluku.

“Kerja sama dimaksud bisa menawarkan program pengembangan antarkedua negara yang memiliki manfaat bagi keduanya,” ujarnya.

Sementara itu, Bronwyn Robbins mengaku Indonesia dan Australia adalah mitra, sahabat, dan tetangga.

Kedua negara berbagi kemitraan strategis konprehensif yang telah meningkatkan semua aspek hubungan bilateral termasuk perdagangan, hubungan politik, dan kerja sama pembangunan.

“Saya bertanggung jawab atas 11 provinsi di Indonesia Timur.  Prioritas saya adalah mempererat hubungan dengan Indonesia, khususnya di Intim dan Provinsi Maluku dalam bidang perdagangan, antar masyarakat, industri pariwisata, pendidikan, pembangunan dan lain-lain,” katanya.

Baca juga: Daftar Gubernur Maluku Utara, Mulai dari Gubernur Thaib Armaiyn sampai Abdul Ghani Kasuba

Sebelum mengakhiri pertemuan itu, Robbins dan Wagub saling bertukar cindermata. Sedangkan Kadis Pariwisata, Marcus Pattinama memberikan oleh-oleh khas Maluku kepada Robbins dan rombongan.

Sebelum menyambangi kantor gubernur Maluku, Robbins juga telah menemui kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif di kantornya beberapa hari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com