KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Napak Tilas Jejak Bung Karno di NTB, Ganjar Kunjungi Wisma Soedjono

Kompas.com - 20/03/2022, 11:59 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Usai menyaksikan rangkaian MotoGP Mandalika, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunjungi Wisma Soedjono di Desa Tetebatu, Lombok Timur, Sabtu (19/3/2022).

Untuk diketahui, Wisma Soedjono merupakan peninggalan dokter pertama di Lombok Timur, dr Soedjono. Bangunan dengan arsitektur khas Belanda tersebut kini dikelola oleh Soerdini Soeweno. Ia merupakan istri salah satu putra mendiang Soedjono, Raden Soeweno.

Soerdini mengisahkan kepada Ganjar, wisma tersebut dulu digunakan sebagai peristirahatan dr Soedjono saat bertugas di Lombok.

“Pak dokter (Soedjono) datang (ke Lombok) pada 1910. Beliau lulusan Stovia. Saat itu, ada tawaran kepada dokter-dokter yang baru lulus untuk bekerja. Seperti Covid-19 sekarang, waktu itu (penyakit yang melanda daerah tersebut) kolera, malaria, disentri, dan kusta,” ujar Soerdini dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (20/3/2022).

Bangunan yang berdiri sejak tahun 1920 tersebut menyimpan banyak sejarah. Di dalamnya, terdapat banyak foto bersejarah terpajang di dinding.

“Bayangkan, beliau (Soedjono) sudah membuka praktek di Selong, Lombok Timur, dan ini rumah peristirahatan. Ternyata banyak foto pengobatan sakitnya,” ucap Ganjar.

Ganjar pun kagum pada bangunan serta kisah bersejarah di Wisma Soedjono.

“Waktu itu, ada yang sakit kusta dan lepra di sini. Jadi, (Soedjono) termasuk dokter pionir di Selong, Lombok Timur,” tutur Ganjar.

Bung Karno disebut pernah mendatangi Wisma Soedjono. Kemudian, putrinya yang menjadi Presiden Indonesia periode 2001-2004, Megawati Soekarnoputri, juga mendatangi wisma ini pada 1980-an.

Kini, giliran Ganjar yang mengikuti jejak perjalanan Sang Proklamator. Ia dikenal selalu menyempatkan diri untuk napak tilas jejak Bung Karno setiap melakukan kunjungan ke luar daerah.

Misalnya, kunjungan ke Kesultanan Ternate saat Ganjar berkunjung ke Ternate, Maluku Utara. Kesultanan ini dikenal bersahabat Bung Karno pada masanya.

Selain itu, Ganjar juga pernah mengunjungi sekolah dasar tempat Bung Karno menimba ilmu di Mojokerto, Jawa Timur.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com