Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Tangki Pertamax Masuk Jurang di Jalan Geopark Sukabumi

Kompas.com - 17/03/2022, 18:29 WIB
Budiyanto ,
Khairina

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sebuah truk tangki Pertamina bermuatan Pertamax masuk jurang di Jalan Raya Geopark, Tamanjaya - Palangpang, Kampung Cikuray, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (17/3/2022).

Akibat kecelakaan tunggal ini, sopir tangki, Dodi Supriadi (37) warga Kampung Pangragajian, Desa Sugih Mukti, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung mengalami luka pada bagian kepala.

Sedangkan kernetnya Ana Sukmana (40) warga Kampung Pasir Ipis, Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya mengalami luka ringan.

Baca juga: 8 Ton Minyak Goreng Tumpah di Lintas Bengkulu-Lampung

Kepala Polsek Ciemas, Iptu Azhar Sunandar mengungkapkan kecelakaan truk tangki Pertamina platnomor D 8808 FD terjadi sekitar pukul 04:00 WIB.

Di tempat kejadian perkara, truk tangki dari arah Tamanjaya ke Palangpang keluar badan jalan dan masuk ke jurang sedalam empat meter.

"Keterangan kernetnya, diduga supir mengantuk," ungkap Azhar dikonfirmasi Kompas.com Kamis siang.

Dia menjelaskan truk tangki membawa bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax sebanyak 2 ton atau 2000 liter dari SPBU HUB di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Leuwi Orok Kecamatan Parungkuda.

Rencananya akan mengirim sesuai alokasi pengiriman ke Pertamina Shop (Pertasop) PT. Lodaya Setragasindo di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas.

"Saat kecelakaan Pertamax masih aman. Rencananya sebelum truk tangki dievakuasi akan dipindahkan ke tangki dulu," jelas Azhar.

Baca juga: Harga Minyak Goreng di Berbagai Daerah Usai HET Dicabut, Ada yang Meroket hingga Rp 51.000 Per 2 Liter

Sementara terkait supir, dia mengatakan sempat mendapatkan penanganan di Puskesmas Tamanjaya. Setelah itu dirujuk ke RSUD Jampangkulon.

"Info terakhir korban dirujuk kembali Ke Rumah Sakit di Bandung untuk dilakukan tindakan medis," kata Azhar.

Hal senada dituturkan Kepala Unit Penegakkan Hukum, Satuan Lalu Lintas (Gakkum) Sat Lantas, Polres Sukabumi, Ipda M. Yanuar Fajar, kecelakaan tunggal terjadi saat mobil tangki dari arah Tamanjaya ke Palangpang.

Di tempat kejadian, truk tangki melintasi jalan berbelok ke kanan. Diduga dikarenakan tidak konsentrasi sehingga out of control ke sebelah kanan jalan dan menabrak pilar jalan kemudian terperosok ke jurang.

"Diduga sopir tidak konsentrasi sehingga out of control," tutur dia.

Yanuar menjelaskan kondisi di tempat kejadian perkara jalan aspal hotmiks dan bagus. Cuaca cerah, jalan menikung ke kanan dan arus lalu lintas sepi.

"Tidak ada marka jalan. Sebelah kiri dan kanan lahan kosong," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com