Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Jumenengan KGPAA Mangkunegara X Capai 75 Persen, Tamu Undangan Dibatasi 300 Orang

Kompas.com - 08/03/2022, 18:02 WIB
Labib Zamani,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pura Mangkunegaran Solo mengundang sekitar 300 tamu undangan dalam penobatan Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagara X, Sabtu (12/3/2022).

Para tamu yang diundang dalam jumenengan KGPAA Mangkunegara X di antaranya Keraton Solo, Keraton Yogyakarta dan Pakualaman Yogyakarta.

Baca juga: Jelang Naik Tahta sebagai Mangkunegara X, GPH Bhre Temui Raja Keraton Solo

Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat mengatakan, persiapan jumenengan sudah mencapai 75 persen. Termasuk undangan sudah tersebar ke ratusan tamu.

"Kita ada batasan 300 tamu undangan sesuai prokes karena masih pandemi Covid-19," kata Lilik ditemui di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Selasa (8/3/2022).

Undangan jemenengan tersebut ada yang dikirim secara langsung dan ada yang melalui utusan. Bahkan, undangan untuk Raja Keraton Solo Pakubuwana (PB) XIII diantarkan secara langsung oleh Gusti Bhre.

"(Undangan) ada yang dikirim langsung dan dikirim lewat utusan. Undangan untuk di Yogyakarta (Karaton Yogyakarta dan Pakualaman) kita lewat utusan," ungkap Lilik.

Dalam tradisi jumenengan, kata Lilik selalu mengundang keraton dinasti Mataram di Yogyakarta dan Solo. Biasanya, undangan dikirim melalui utusan.

"Tradisi di sini itu kalau jumenengan kita ngaturi yang keraton-keraton catur segatra (dinasi Mataram) dengan utusan. Kalau ada putra dalem yang mengantar undangan itu sudah tradisi. Biar kekeluargaannya tetap rukun," terang dia.

Diketahui, penunjukan GPH Bhre sebagai pewaris takhta Pura Mangkunegaran sesuai hasil musyawarah antarkeluarga dan sederet dalem Pura Mangkunegaran.

GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo merupakan putra bungsu Mangkunegara IX, dari permaisurinya yang bernama Gusti Kanjeng Putri Prisca Marina.

Baca juga: Menilik Harapan Kerabat Mangkunegaran untuk Mangkunegara X: Semoga Bisa Menjalin Hubungan dengan Kerajaan-kerajaan di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com