Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Butuh Investor yang Peduli Lingkungan dan Kearifan Lokal

Kompas.com - 07/03/2022, 07:17 WIB
Nansianus Taris,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas digadang-gadang mampu menjadi tuan rumah utama agenda berskala internasional.

Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina, mengatakan, untuk mencapai target tersebut, Labuan Bajo masih memerlukan lebih banyak investor.

Kawasan tersebut membutuhkan lebih banyak hotel berbintang untuk kebutuhan Meeting, Incentives, Conferencing, Exhibitions (MICE) skala internasional dan kenegaraan.

"Target kami, Labuan Bajo bisa menjadi tuan rumah utama event internasional kenegaraan untuk kapasitas 20.000 peserta di waktu yang sama,” kata Shana dalam rilis tertulis yang dikirim ke Kompas.com, Minggu malam.

Baca juga: Gempa M 5,3 Guncang Pulau Sumba, Terasa hingga Labuan Bajo

Tidak hanya ketersediaan kamar dengan spesifikasi khusus, lanjut dia, tetapi fasilitas minimum pelaksanaan kegiatan juga harus menjadi perhatian.

Misalnya ruang rapat dengan dukungan standar keamanan dan keselamatan memadai.

Ia menuturkan, Labuan Bajo yang juga ditetapkan sebagai destinasi wisata super premium bermakna bahwa jaminan kualitas experience yang diberikan kepada wisatawan terjaga dengan baik.

“Ada layanan yang bentuknya eksklusif karena berbayar dan khusus. Ada yang bisa diakses umum oleh semua lapisan,” katanya.

Aspek lingkungan

Ia menegaskan, konteks super premium yang ingin ditekankan adalah bagaimana berwisata ke Labuan Bajo wajib melestarikan dan menjaga lingkungan, serta menghargai kearifan budaya setempat sebagai bagian dari warisan dunia.

“Tentunya, kualitas penanganan keamanan dan keselamatan, aktivitas pariwisata dengan experience premium, kemudahan mencari informasi, keterlibatan konten dan konteks kelokalan, serta fasilitas publik yang standar menjadi salah satu keharusan dari kelengkapan destinasi Labuan Bajo,” kata Shana Fatina.

Baca juga: Kapal Wisata Berpenumpang 19 Orang Alami Mati Mesin di Labuan Bajo, Semua Penumpang Selamat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com