Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi yang Ditemukan di Kantin Sekolah Aceh Timur Akhirnya Diasuh Seorang Polisi

Kompas.com - 24/02/2022, 14:29 WIB
Masriadi ,
I Kadek Wira Aditya

Tim Redaksi

 

ACEH TIMUR, KOMPAS.com – Bayi laki-laki yang sebelumnya ditemukan di kantin sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Desa Tampak, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur akhirnya diasuh oleh seorang polisi, Brigadir Fahrul Haris, pada Kamis (24/2/2022).

Sebelumnya, selama delapan hari, bayi itu dirawat oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Ayeum Mata, Dinas Sosial, Kabupaten Aceh Timur.

Acara serah terima bayi itu penuh haru disaksikan langsung oleh Bupati Aceh Timur, Hasballah M Thaib.

Baca juga: Polisi Cari Ibu yang Buang Bayi di Kantin Sekolah Aceh Timur

Sehari-hari, Brigadir Fahrul Haris bertugas di Polsek Darul Ikhsan, Aceh Timur.

Dia bersama istrinya mengajukan permohonan menjadi orangtua asuh sejak pertama bayi itu ditemukan.

Permohonan disampaikan melalui Kapolsek Darul Ikhsan dan diteruskan ke Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur, Elfiandi.

Baca juga: Bayi Baru Lahir Diduga Dibuang ibu Kandung di Kantin Sekolah, Tubuhnya Dikerubungi Semut

"Saya senang bisa mengadopsi bayi ini. Semoga menjadi anak yang soleh, berbakti pada nusa dan bangsa. Saya dan istri berjanji akan merawatnya sebaik anak kandung kami. Dia anak kami juga sekarang," kata Fahrul dalam keterangan tertulis yang dikirimkan oleh bagian hubungan masyarakat Polres Aceh Timur kepada Kompas.com.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Timur, Elfiandi mengatakan, selama sepekan ke depan pihaknya akan melakukan pemantauan selama diasuh oleh Brigadir Fahrul dan istrinya.

"Sebutannya ini calon orang tua asuh. Salah satu syarat mengadopsi anak yaitu polisi menyelidiki selama tiga bulan untuk menemukan orang tua kandung bayi itu. Setelah tiga bulan tidak ditemukan orang tuanya, barulah kita proses administrasi orang tua asuh itu," kata Elfiandi.

Dia menyebutkan, selama pemantauan, tim Dinas Sosial Aceh Timur terus memonitoring kondisi bayi itu bersama Brigadir Fahrul.

"Semoga bayi itu betah. Tadi kita lihat langsung nyaman di pelukan Brigadir Fahrul dan istrinya," pungkasnya.

Petugas sekolah dikejutkan dengan suara tangis bayi dari kantin di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Desa Tampak, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (16/2/2022).POLSEK RANTO PEUREULAK Petugas sekolah dikejutkan dengan suara tangis bayi dari kantin di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Desa Tampak, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (16/2/2022).

Diberitakan sebelumnya, bayi laki-laki itu ditemukan di sebuah kantin sekolah pada Rabu (16/2/2022).

Bayi itu diduga baru saja lahir dan dibuang oleh ibu kandungnya.

 

Polisi pun kemudian membawa bayi itu ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis, kemudian seterusnya diserahkan ke Dinas Sosial, Aceh Timur.

Termasuk, melakukan pencarian terhadap ibu kandung bayi tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com