Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulihkan Trauma Warga dan Anak-anak, Polda Maluku Kirim Tim ke Pulau Haruku

Kompas.com - 28/01/2022, 17:05 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku mengirim tim psikologi ke Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (28/1/2022).

Tim tersebut dikirim ke lokasi pengungsian warga Kariuw di Desa Aboru. Tim akan bekerja memulihkan trauma warga Kariuw, khususnya perempuan dan anak.

Baca juga: Datang ke Pulau Haruku, Kapolda Janji Selesaikan Akar Masalah Bentrokan Warga

“Hari ini tim kita dari Psikologi Polda telah ke sana untuk trauma healing dan memberikan katakanlah penguatan untuk warga dan anak-anak,” kata Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif di Polda Maluku, Jumat (28/1/2022).

Ia mengatakan, kehadiran tim trauma healing dari Polda Maluku di tengah-tengah warga Kariuw sangat penting untuk memulihkan kondisi para korban bentrok yang saat ini berada di lokasi pengungsian.

“Bagaimana kita memulihkan kondisi psikis dari masarakat Kariuw yang trauma, ya kita kirim tim ke sana,” ujarnya.

Selain mengirim tim trauma healing, Polda Maluku juga akan mengirim tim kesehatan dan obat-obatan bagi para pengungsi warga Kariuw yang berada di Desa Aboru.

“Kita juga akan turunkan tim kesehatan bergabung dengan TNI. Kita  bersama-sama ke sana karena pasti banyak orang seperti itu akan berpotensi penularan penyakit kita akan dorong apa saja yang kita miliki yang bisa membawa manfaat  bagi mereka seperti obat-obatan vitamin,” ungkapnya.

Lotharia berharap dengan pengiriman tim trauma healing dan tim kesehatan ke lokasi pengungsian, warga akan merasa terbantu.

“Semoga akan bermanfaat bagi masyarakat di sana,” ujarnya.

Sebelumnya, bentrok antara dua desa bertetangga di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, pecah pada Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Temui Kapolda Maluku, Perwakilan Warga Pulau Haruku Korban Bentrok Minta Jaminan Keamanan

Bentrokan yang diduga dipicu masalah sengketa lahan itu menyebabkan lebih dari 200 rumah warga di Desa Kariuw hangus dibakar massa.

Bentrokan juga menyebabkan tiga warga meninggal dunia dan empat warga lainnya terluka, termasuk seorang anggota polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com