Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo Jadi Percontohan Nasional Kota Tanpa Kumuh, Menko PMK: Menyusul 6 Pemkot Lainnya

Kompas.com - 25/01/2022, 13:07 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, jadi percontohan nasional untuk program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Indonesia.

Percontohan program Kotaku tersebut ditandai dengan groundbreaking pembangunan rumah di Kelurahan Mojo, Kecamatan Semanggi, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (25/1/2022).

Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan dengan terpilihnya Kota Solo, menjadi percontohan nasional Kotaku mampu menanggulangi kawasan kumuh dan pemukiman ekstrem.

"Melalui program pemerintah kota Solo ini dengan berbagai macam stakeholder akan kita jadikan model untuk penyelesaian kemiskinan extreme pemukiman kumuh di kota-kota besar," kata Muhadjir, setelah melakukan groundbreaking, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Mantan Aktivis 98 Solo Dukung Ubedilah Badrun Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK

"Di Kota Surakarta sekarang penyelesaian pemukiman kumuh. Harapannya tahun ini semuanya selesai jadi lebih cepat dari target semula yang diperkirakan tahun 2023 selesai, Bahkan untuk wilayah Semanggi Selatan ini April sudah bisa ditempati," lanjutnya.

Dengan dijadikannya Kota Solo sebagai percontohan nasional Kotaku, sambung Muhadjir, nantinya akan memacu kota atau daerah lainnya untuk melakukan hal serupa.

"Karena setelah ini ada enam pemerintah kota siap menunggangi wilayah kumuh dan pemukiman ekstrem diwilayah masing-masing. Yang hampir sudah pasti selanjutnya di Surabaya," jelas Muhadjir

Oleh karena itu, Menko PMK meminta untuk pemerintah kota di Indonesia untuk berkoordinasi dan sinkronasi pengendalian kawasan kumuh.

Baca juga: Banjir 1 Meter Terjang Warga di Bantaran Kali Jenes Solo, Ini Janji Gibran

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan percontohan nasional menjadi Kotaku telah menjadi komitmen Pemkot Solo menanggulangi pemukiman kumuh.

Untuk sementara, Pemerintah Kota Solo akan fokus untuk mengurangi kawasan kumuh di Semanggi dan Mojo.

Total ada 47 unit rumah yang dibangun dari PT SMF dan 135 unit program CSR Shoppe yang berkoordinasi dengan Kemenko PMK dan akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR .

"Harapannya nanti kalau kawasan kumuhnya berkurang otomatis permasalahan lain seperti stunting itukan juga berkurang, kita semuanya gotong royong membantu mnegurangi kawasan kumuh," ujar Gibran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com