Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Berselingkuh, Oknum Pastor di Kalbar Dilaporkan ke Polisi

Kompas.com - 11/01/2022, 10:59 WIB
Hendra Cipta,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com – Seorang pria berinisial VN, asal Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar), melaporkan oknum pastor di Provinsial Kapusin Pontianak ke polisi terkait dugaan menjalin hubungan terlarang dengan istrinya.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Dirmanto mengaku belum mendapat informasi pelaporan tersebut. “Nanti saya cek ya,” kata Dirmanto saat dihubungi, Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Istri Polisi di Lubuklinggau Gerebek Suami yang Diduga Selingkuh

Sementara itu, VN mengatakan, selain melaporkan ke polisi, dia bersama pihak keluarga juga telah mendatangi Provinsial Kapusin Pontianak untuk mempertanyakan status oknum pastor tersebut yang sebelumnya telah dikeluarkan, tetapi kembali aktif.

Pastor yang bermasalah dengan kami, informasinya ditarik lagi menjadi Imam Kapusin. Terkait informasi itu benar atau tidak, maka kami mendatangi Ordo Kapusin untuk menanyakan itu. Tapi, dari pihak Ordo Kapusin tidak memberikan jawaban yang memuaskan,” kata VN kepada wartawan.

VN menerangkan, oknum pastor tersebut sebenarnya telah mengundurkan diri sebagai biarawan dan Imam Kapusin pada tahun 2019 saat kasus tersebut diketahui oleh pihak Ordo.

Saat itu, kasus tersebut diselesaikan dengan beragam kesepakatan dan perjanjian yang telah disepakati bersama. Bahkan, menurut VN, oknum pastor dan istrinya telah mengakui perbuatannya sehingga dihukum adat.

“Anehnya, pastor itu ditarik kembali sebagai Imam Kapusin dan Saudara Kapusin Provinsi Pontianak oleh Pastor Faustus Bagara selaku Minister Provinsial Ordo Kapusin yang baru,” ungkap VN.

Sementara itu, Vikaris Provinsial Kapusin Pontianak, Pastor Stephanus Gathot Purtomo, enggan memberikan penjelasannya saat diwawancarai. “Saya no comment saja, daripada nanti keliru. Lebih baik no comment,” ucap Stephanus. 

Baca juga: Kepergok Selingkuhi Istri Sepupu, Pria Ini Kabur Lewat Jendela Tanpa Busana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com