Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polresta Ambon Sekat 17 Titik, Cegah Konvoi dan Balap Liar di Malam Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2021, 17:15 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com - Aparat Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease akan menyekat 17 titik ruas jalan di Kota Ambon saat malam pergantian tahun, Jumat (31/12/2021).

Penyekatan belasan ruas jalan  di Ambon itu dilakukan untuk mencegah adanya gangguan keamanan di masyarakat termasuk konvoi dan aksi balap liar yang kerap meresahkan warga.

Baca juga: Polisi Tak Berlakukan Penyekatan di Wilayah Perbatasan Kota Tasikmalaya Saat Ibadah Natal

“Akan ada penyekatan di 17 titik. Jadi ini untuk mencegah aksi balap liar, konvoi dan juga berbagai gangguan lainnya,” kata Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang kepada Kompas.com, Jumat.

Adapun sejumlah ruas jalan yang akan disekat petugas di antaranya Pertigaan Gereja Rehoboth, Perempatan Al Fatah, kawasan Jembatan Merah Putih, Batu Merah-Mardika, Pertigaan SPBU Kebun Cnegkeh, Pohon Pule dan sejumlah kawasan lainnya.

“Penyekatan sejumlah jalan di Ambon itu akan dimulai sekira Pukul 22.00 WIT,” katanya.

Leo mengungkapkan, sebanyak 1.800 personel gabungan TNI dan Polri serta berbagai unsur lainnya akan terlibat dalam pengamanan malam pergantian tahun di Ambon.

Ia mengaku pengamanan dan penyekatan sejumlah akwasan itu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan malam tahun baru.

“Jadi gangguan keamanan ini bisa terjadi karena aadanya konvoi, gesekan jadi tujuan kita agar masyarakat yang merayakan tahun baru itu dapat merasa nyaman,” katanya.

Dia pun mengimbau  agar pengendara motor yang akan bepergian di malam tahun baru dapat melengkapi diri dengan dokumen kendaraan bermotor dan juga alat keselamatan.

Ia juga meminta agar pengguna jalan agar tertib berlalu lintas, tidak ngebut di jalan karena hal itu akan mengganggu masyarakat lainnya.

“Semua harus tertib karena ini masih dalam masa pandemi. Tentu kalau ada yang berkerumun akan kita minta untuk bubar,” ujar dia.

Baca juga: Alasan Kemenhub Tiadakan Penyekatan Saat Natal dan Tahun Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com