Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Disuntik Vaksin Covid-19, Anak-anak di Magelang Diajak Nonton Kartun dan Dapat Susu

Kompas.com - 30/12/2021, 17:48 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebanyak 1.000 anak usia 6-11 tahun mengikuti vaksinasi Covid-19 di RST dr Soedjono, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (30/12/2021).

Sebelum disuntik vaksin Sinovac, anak-anak menunggu di ruang observasi sembari menonton film kartun di layar besar. Mereka juga mendapat sekotak susu.

Ini cara petugas untuk mengurangi ketegangan anak-anak sebelum divaksin. Sebab, memang tidak sedikit anak-anak tampak ketakutan sampai menangis sebelum disuntik.

Namun, ada juga yang terlihat antusias, dan tetap ceria setelah disuntik vaksin. Mereka didampingi orangtua atau pendamping masing-masing.

"(Diputarkan fim kartun) ya biar enggak bosen, untuk mengibur, kan disuruh (menunggu) 30 menit (untuk observasi), diam di situ,” jelas Kepala Rumkit Tingkat II dr Soedjono Magelang, Kolonel Ckm dr Deddy Firmansyah, di sela-sela kegiatan.

Baca juga: Berkeliling Rumah Tenun Magelang, Jadi Tahu Alasan Kerajinan Ini Mahal

Deddy menjelaskan, vaksinasi Covid-19 ini merupakan hasil kerja sama dengan Kodim 0705 Magelang dan Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang.

RST dr Soedjono menyasar sekitar 1.000 anak, yang dibagi dalam dua gelombang pada Kamis (30/12/2021) dan Jumat (31/12/2021).

Menurutnya, observasi pada anak-anak dilakukan dengan hati-hati, berbeda dengan orang dewasa.

“Sedikit ekstra hati-hati (observasi), pengamatan dulu 30 menit. Saat pulang, (diberi) kontak person agar setiap saat konsultasi,” kata Deddy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com