Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF 2020: Beri Dukungan Penuh, Pelatih Persebaya Optimistis Indonesia Bisa Atasi Thailand

Kompas.com - 28/12/2021, 13:29 WIB
Ghinan Salman,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso memberikan dukungannya kepada Timnas Indonesia yang akan menghadapi Thailand di Piala AFF 2020.

Secara khusus, Aji juga memberikan spirit dan dukungan kepada empat punggawa Persebaya yang juga bermain untuk Tim Garuda.

Keempat panji Persebaya itu adalah Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, dan Ernando Ari Sutaryadi.

Persebaya Surabaya menjadi tim yang pemainnya paling banyak dipanggil ke timnas Indonesia untuk mentas di Piala AFF 2020.

Baca juga: Plt Gubernur Sulsel Janji Beri Asnawi dan Irfan Jaya Rumah jika Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020

Aji Santoso mengaku, selama ini dirinya selalu berkomunikasi dengan empat punggawa Persebaya yang memperkuat Tim Garuda di Piala AFF 2020.

Aji menginginkan agar para pemain binaannya itu dapat bermain maksimal bersama Timnas Indonesia.

"Saya selalu saya komunikasi sama mereka. Saya minta berikan kemampuan yang maksimal dan yang terbaik buat tim nasional," kata Aji melalui pesan instan WhatsApp kepada Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Aji menilai, selama fase grup hingga babak semifinal Piala AFF 2020, para pemain Persebaya yang diberi kesempatan untuk bermain oleh pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, selalu bermain dengan maksimal.

"Mereka selalu maksimal selama ini," ucap Aji.

Menurut Aji, kualitas Thailand yang akan dihadapi Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020 sedikit diunggulkan, baik dari kedalaman skuad maupun dari kualitas permainan.

Namun, Aji punya keyakinan Timnas Indonesia bisa mengatasi Thailand di partai final, meski lawan yang dihadapi tidak mudah dikalahkan.

"Ya, intinya berjuang maksimal untuk bisa juara. Meskipun itu tidak mudah. Jujur, kualitas tim lawan sedikit di atas Indonesia. Tapi di sepak bola semua bisa terjadi," ujar Aji.

Dengan daya juang dan mentalitas yang dimiliki skuad Garuda arahan Shin Tae-yong ini, Ia optimistis Indonesia sangat berpeluang untuk bisa juara di Piala AFF 2020.

"Kalau optimis itu harus, pasti (berpeluang juara). Saya sampaikan, (pertandingan Indonesia Vs Thailand) ini tidak mudah, akan tetapi semua bisa terjadi," tutur Aji.

Baca juga: Nadeo Argawinata, Pernah Jadi Kiper Cadangan hingga Clean Sheet 9 Pertandingan

Dukungan serupa juga diberikan penyerang Persebaya Samsul Arifin Munip.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com