Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemkab Lumajang dan Dompet Dhuafa Kolaborasi Percepat Penanganan Dampak APG Semeru

Kompas.com - 27/12/2021, 15:54 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan lembaga filantropi Islam Dompet Dhuafa untuk mempercepat penanganan bencana awan panas guguran (APG) Semeru.

“Saya bersyukur dapat kolaborasi bersama Dompet Dhuafa. Banyak masyarakat yang terdampak," katanya, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (27/12/2021).

Adapun pendampingan yang berkaitan dengan infrastruktur, Thoriqul menjelaskan, berada di bawah kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang.

“Tetapi pendampingan yang berkaitan dengan pemberdayaan dan berkehidupan sosial yang utuh kembali, kami perlu ada sinergi dengan kelembagaan sosial masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM),” katanya.

Dia mengatakan itu dalam pertemuan antara Pemkab Lumajang dengan jajaran pengurus Dompet Dhuafa di Pendopo Arya Wiraja Lumajang, Kelurahan Ditotrunan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jumat (24/12/2021).

Baca juga: Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru, Dompet Dhuafa Beri Layanan Kesehatan Door to Door

Thoriqul mengaku merasakan kehadiran Dompet Dhuafa yang jadi pelengkap dari sekian persoalan yang harus ditangani pihaknya.

“Dengan begitu, masyarakat mempunyai harapan baru. Berkehidupan baru terutama yang terdampak akibat APG Semeru,” imbuhnya.

Adapun, pertemuan tersebut membahas program-program percepatan penanganan bencana APG Semeru di masa pascabencana (recovery) atau di masa pemulihan.

Sekretaris Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Yayat Supriyatna pun mengapresiasi Pemkab Lumahang yang telah memberikan kesempatan pihaknya berdiskusi tentang apa yang akan dan sudah lakukan di Lumajang.

Dia menyebutkan, rencana penanganan yang akan dilakukan Pemkab Lumajang sesuai dengan upaya yang akan dilakukan tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

Baca juga: Tangani Dampak Erupsi Gunung Semeru, Dompet Dhuafa Kerahkan Tim Respons dari Empat Kota

“Maka alangkah luar biasanya jika kedua niat yang sama ini disinergikan menjadi satu sehingga akan terealisasi dengan cepat dan kuat,” ungkapnya.

Untuk itu, Yayat pun mengapresiasi Thoriqul karena sudah memikirkan lebih jauh tentang penanganan bencana, mulai dari respons hingga relokasi.

“Ini sejalan dengan apa yang Dompet Dhuafa rencanakan juga. Jadi mudah-mudahan dua niat ini bisa bertemu sehingga bisa segera membantu masyarakat keluar dari dampak kebencanaan ini dan memulai kehidupan yang lebih baik ke depannya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DMC Dompet Dhuafa Haryo Mojopahit mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya percepatan penanganan bencana APG Semeru sejak 5 Desember 2021.

Beberapa upaya tersebut, seperti layanan SAR-Evakuasi, dapur umum, dapur keliling, pos hangat, pojok laundry, layanan kesehatan dan gizi, psychological first aid (PFA), taman ceria, distribusi hygiene kit, aksi bersih itu sehat, dan cukur rambut dengan total penerima manfaat mencapai 5.062 orang.

Baca juga: Indonesia Rawan Bencana Alam, Dompet Dhuafa Gelar Roadshow Pelatihan Mitigasi Bencana

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com