Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaket Bomber Tenun Ikat Jokowi Dibuat dalam 24 Jam, Harganya Rp 3,5 Juta

Kompas.com - 09/12/2021, 12:21 WIB
Hendra Cipta,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SINTANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungi Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (8/12/2021).

Kunjungan tersebut memiliki sejumlah agenda, di antaranya meresmikan Bandara Tebelian Sintang, meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir, menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak, dan menanam pohon di satu kawasan daerah aliran sungai.

Namun, sesaat mendarat di Bandara Tebelian, Jokowi menyempatkan diri untuk melihat dan membeli jaket bomber tenun ikat bermotif manuk (manok) yang didominasi warna merah. 

Baca juga: Makna Motif Manuk Sabung di Jaket Bomber yang Dibeli Jokowi di Sintang

Setelah dibeli, jaket itu langsung dikenakannya.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sintang Ernawati mengatakan, jaket bomber itu didesain khusus untuk Presiden Jokowi, yang mana proses desain sampai selesai dijahit dalam waktu 24 jam.

“Saya tahu beliau sangat menggemari jaket jenis bomber. Kami berkerja sama dengan penjahit mitra yang juga UMKM binaan Disperindagkop dan UKM serta Dekranasda Sintang,” kata Ernawati dalam keterangan tertulis yang dirilis Prokopin Kabupaten Sintang, Kamis (9/12/2021).

Menurut Ernawati, sesaat setelah melihat jaket bomber tenun, Presiden Jokowi langsung melepas jaket yang sedang kenakan dan menggantinya dengan jaket bomber kain tenun.

“Saya serahkan kepada beliau. Puji Tuhan sangat pas di badan beliau. Beliau tanya harganya berapa, saya jawab Rp 3.5 juta,” cerita Ernawati.

Baca juga: Cerita Jokowi Awalnya Berniat Beli Kain Tenun Sintang, tapi Akhirnya Beli Jaket Bomber Motif Manuk

Ernawati menkonfirmasi, nama motif kain tenun yang ada pada jaket Presiden Jokowi adalah kombinasi tammat manok dan perahu pekejang serta tiang bekumuk.

“Bapak Presiden juga sempat mencicipi bagaimana rasanya buah asam maram,” ucap Ernawati.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com