Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Merapi Luncurkan 110 Kali Guguran Lava Selama Sepekan

Kompas.com - 26/11/2021, 19:15 WIB
Wijaya Kusuma,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat dari 19 November-25 November 2021 teramati 110 kali guguran lava Gunung Merapi.

"Guguran lava teramati sebanyak 110 kali ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter," ujar Kepala BPPTKG Hanik Humaida kepada wartawan, Jumat (26/11/2021).

Selain guguran lava, BPPTKG juga mencatat terjadi satu kali awan panas guguran di Gunung Merapi pada 20 November 2021.

"Awan panas guguran ke arah barat daya dengan jarak luncur 1.800 meter," ucapnya.

Baca juga: Gunung Merapi 22 Kali Keluarkan Lava Pijar dalam 6 Jam

Dari hasil analisis, kata Hanik, tidak teramati adanya perubahan morfologi yang signifikan baik kubah lava barat daya maupun kubah tengah.

Volume kubah lava barat daya sebesar 1.610.000 m3. Sedangkan volume kubah yang berada di tengah kawah, sebesar 2.927.000 m3.

Data kegempaan Gunung Merapi dalam minggu ini, untuk awan panas guguran (AP) 1 kali, gempa vulkanik dalam (VTA) 1 kali, gempa vulkanik dangkal (VTB) 2 kali, gempa fase banyak (MP) 70 kali, gempa guguran (RF) 938 kali, gempa hembusan (DG) 89 kali dan gempa tektonik (TT) 1 kali.

"Intensitas kegempaan pada minggu ini masih cukup tinggi," tandasnya.

Sementara itu, deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukan laju pemendekan jarak sebesar 0,2 Cm/hari.

"Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Status aktivitas ditetapkan dalam tingkat Siaga," tegasnya.

Baca juga: Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas, Meluncur Sejauh 2.000 Meter

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor Tenggara–Barat Daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com