Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Dapat Kursi Roda Khusus, Kembar Siam Asal Garut Ini Tersenyum Bahagia

Kompas.com - 24/11/2021, 12:08 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - 'Bahagia itu sederhana', ungkapan ini bisa menggambarkan perasaan gadis cilik kembar siam asal Garut, Ai Putri Dewi Ningsih dan Ai Putri Anugrah.

Pasalanya wajah mereka terlihat tersenyum bahagia saat menerima bantuan berupa kursi roda khusus dari tim kemanusiaan bentukan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Jabar Quick Response (JQR).

Untuk diketahui, kursi roda khusus itu merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh JQR bersama dengan Rumah Yatim.

Meski harus menempuh perjalanan jauh dari kediamannya di Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Putri dan Dewi tampak bersemangat datang ke Kota Bandung untuk menjemput kursi roda didampingi relawan JQR dan keluarganya.

Baca juga: Arka dan Arya, Anak Buruh Bangunan yang Terlahir Kembar Siam

Saat menggunakan kursi roda tersebut, kedua gadis itu tampak nyaman duduk dan bergerak ke sana ke mari. Padahal sebelumnya mereka tak bisa bebas bergerak karena menggunakan kursi roda biasa.

Perlu diketahui, Putri dan Dewi merupakan anak kembar siam satu-satunya di Indonesia yang secara medis dinilai bisa bertahan hidup dengan kondisi yang sehat.

Pada Jumat (29/10/2021), mereka baru saja merayakan ulang tahunnya yang kedelapan. Pada usia ini, mereka berharap agar tidak lagi merepotkan sang ayah.

“Sekarang aku cuma mau nggak ngerepotin ayah lagi. Kasian ayah nggak kerja, nggak punya uang buat ngurusin kami” ujar Dewi beberapa waktu lalu, seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Bantuan Rp 300.000 Per Bulan untuk 10.339 Yatim Piatu akibat Covid-19

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum (Ketum) JQR Bambang Trenggono mengatakan, pihaknya sudah tiga kali memberikan bantuan kursi roda.

Akan tetapi, kata dia, Putri dan Dewi memang mendapat perhatian besar setelah bertemu secara virtual dengan Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil itu.

"Kami berikan tiga kursi roda. Satu untuk di dalam rumah, satu untuk di luar dan satu lagi untuk latihan keseimbangan berjalan,” ujar Bambang.

Sementara itu, ayah dari gadis kembar siam Irwan (42) menjelaskan, bahwasanya hingga saat ini kondisi kesehatan Putri dan Dewi cukup baik. Hanya saja kedua putrinya masih kesulitan untuk menyeimbangkan diri.

Baca juga: Kadisdik Jabar Pastikan Kembar Siam di Garut Bisa Masuk Sekolah Negeri

“Kondisi kesehatan Putri dan Dewi baik untuk sekarang ini. Kalaupun ada masalah, saya langsung konsultasi juga dengan pihak pusat kesehatan masyarakat (puskesmas),” katanya.

Dalam kesempatan itu, tak lupa Irwan mengucapkan banyak terima kasih kepada JQR dan Rumah Yatim yang telah memberikan bantuan dan perhatian kepada putri kembarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com