Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Putri Papua Dilantik Jadi Dubes Selandia Baru, Pemprov Papua: Posisi Ini Sangat Strategis

Kompas.com - 28/10/2021, 17:46 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Jeri Agus Yudianto memberikan apresiasi atas dilantiknya Fientje Suebu sebagai Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Selandia Baru oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Posisi Beliau (Fientje) menjadi Dubes Selandia Baru ini sangat strategis, karena di wilayah Pasifik, Papua (merupakan) salah satu provinsi paling ujung Indonesia, sebagai pintu masuk perdagangan dan perekonomian," kata Jeri saat dihubungi melalui telepon, Kamis (28/10/2021).

Sebagai informasi, Fientje Suebu merupakan salah satu dari 17 dubes baru yang dilantik Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (25/10/2021).

Putri Papua yang dilantik menjadi Dubes Selandia Baru itu telah berkarier di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) selama 31 tahun.

Baca juga: Saat MK Tolak Gugatan UU ITE dan Nyatakan Pemblokiran Internet Papua Konstitusional...

“Pada prinsipnya, kami memberikan apresiasi karena proses pemilihan dubes ini melalui prosedur yang tidak singkat. Ada proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI)," ucap Jeri.

Menurutnya, Fientje telah memberikan dedikasi penuh selama berkarier di Kemenlu, sehingga posisi baru sebagai dubes juga akan diampu dengan baik.

Jeri menjelaskan, posisi dubes menjadi strategis lantaran pemerintah tengah gencar menggelar Pacific Exposition, yaitu ajang perkenalan perekonomian dan perdagangan Indonesia, khususnya Papua, untuk daerah Pasifik.

Mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Jeri berharap, keberadaan Fientje sebagai Dubes Selandia Baru dapat memberi warna bagi diplomasi Indonesia di wilayah Pasifik.

Baca juga: Jokowi Lantik Fadjroel Rachman Jadi Dubes RI untuk Kazakhstan

“Kami Papua ikut berpartisipasi (dalam acara Pacific Exposition) dan ada beberapa hal yang akan kami tampilkan secara virtual nanti. Tentunya harapan kami, bersama stakeholder pemerintah pusat terlebih dengan Pemprov Papua, dapat melanjutkan event itu," tutur Jeri.

Ia berharap, acara yang melibatkan regional Papua akan terus bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com