Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Terkini Kasus Covid-19 di Kepulauan Riau

Kompas.com - 30/09/2021, 15:11 WIB
Hadi Maulana,
I Kadek Wira Aditya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat kasus aktif Covid-19 di Kepri saat ini berstatus risiko penularan sedang.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepri Lamidi mengatakan, hingga saat ini kasus aktif di Kepri hingga Kamis (30/9/2021) tercatat sebanyak 260 orang.

Sementara untuk pasien yang sembuh, Lamidi menambahkan saat ini menjadi 51.614 orang atau 96,26 persen dan meninggal dunia sebanyak 1.745 orang atau 3,25 persen.

Baca juga: Seluruh Daerah di Kepri Zona Kuning, Stok Vaksin Tersisa 420.416 Dosis

“Sementara BOR (tingkat keterisian tempat tidur) rumah sakit se-Provinsi Kepri 4,75 persen dan positivity rate Kepri 0,68 persen,” kata Lamidi melalui pesan WhatsApp, Kamis (30/9/2021).

Dari angka kasus aktif yang ada, Lamidi mengaku, tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Kepri, yakni di Batam sebanyak 42 orang, Tanjungpinang 90 orang, Kabupaten Bintan 32 orang, Kabupaten Karimun 41 orang, Kabupaten Anambas delapan orang, Kabupaten Lingga lima orang dan Kabupaten Natuna 42 orang.

“Dari sebaran tersebut, kasus aktif tertinggi berada di Tanjungpinang, kedua di Batam, Ketiga di Kabupaten Natuna dan terendah di Kabupaten Lingga,” terang Lamidi.

Baca juga: Sejarah Pulau Tujuh, Wilayah yang Bisa Jadi Sengketa Antara Bangka Belitung dan Kepri

Untuk positivity rate, Lamidi mengatakan, Tanjungpinang tercatat sebesar 1,26 persen, Batam 0,21 persen, Bintan 1,78 persen, Karimun 1,50 persen, Lingga 1,42 persen, Kepulauan Anambas 1,74 persen dan Natuna 2,09 persen.

“Saat ini kabupaten kota di Kepri juga sudah berstatus zona kuning atau risiko penularan sedang,” papar Lamidi.

Selain itu, berdasarkan data dari tim Satgas Covid-19 Kepri per hari ini, terdapat penambahan 23 orang terkonfirmasi positif, yakni tiga orang di Batam, tujuh orang di Tanjungpinang, empat orang di Kabupaten Karimun, empat orang di Kabupaten Kepulauan Anambas dan satu orang di Kabupaten Lingga serta empat orang di Kabupaten Natuna.

Lalu untuk pasien yang sembuh ada 21 orang, yakni dari tiga orang di Batam, 11 orang di Tanjungpinang, dua orang di Kabupaten Bintan, empat orang di Kabupaten Karimun dan satu orang di Kabupaten Lingga.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas mulai dari mengenakan masker, me njaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” tambah Lamidi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com