Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno: Jadi Pusat Fesyen Muslim, Bandung Harus Bisa Kalahkan Dubai

Kompas.com - 11/09/2021, 20:47 WIB
Reni Susanti,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, Bandung merupakan episentrum pelaku ekonomi kreatif terbaik senusantara, terutama fesyen muslim.

Ia meyakini Bandung bisa menjadi pusat fesyen khususnya fesyen muslim yang dapat bersaing dengan Dubai.

“Kita yakin bahwa muslim fesyen ini yang mendapatkan satu pertumbuhan yang fenomenal. Saya lihat pusat kreatif ini di Bandung, jadi Bandung harus bisa mengalahkan Dubai,” ujar Sandiaga Uno di Bandung, Sabtu (11/9/2021).

Baca juga: Kunjungan Wisatawan Meningkat, Sandiaga Uno: Revenge Tourism di Jabar Sudah Terlihat

Sandiaga menjelaskan, salah satu yang bisa dilakukan pengusaha fesyen muslim di Bandung adalah dengan menggenjot ekspor ke Eropa dan Amerika Utara.

Sebab permintaan fesyen muslim di negara-negara tersebut tinggi dan terus tumbuh. Untuk memenuhi kebutuhan di sana, saat ini dipasok oleh Dubai.

Padahal Indonesia, khususnya Bandung, memiliki produk fesyen muslim yang baik. Namun persoalannya, dulu, Indonesia tidak menggunakan data saat memasarkan produknya di luar negeri.

"Kita dulu main pergi saja. Sekarang dengan pendekatan big data kita tahu, pasar potensialnya ada di Eropa dan Amerika Utara," ucap Sandiaga.

Baca juga: Cuma 20 Tempat Wisata yang Boleh Dibuka, Sandiaga Uno Pastikan Tidak Ada Diskriminasi

Untuk itu, pihaknya akan menggenjot ekspor busana muslim ke negara-negara tersebut. Targetnya dilakukan secepatnya, dalam tahun ini.

Salah satu pengusaha busana muslim, Meta Fauzan menceritakan keunikan produknya. Ia mengembangkan corak Arabes dalam batik ataupun tenun yang diproduksinya.

Corak ini biasanya digunakan dalam arsitektur masjid. Namun ia mengaplikasikan corak tersebut untuk kain busana muslimnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com