Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Terpadu Batam Memasukkan Sirkuit Internasional Sebagai Salah Satu Destinasi

Kompas.com - 10/09/2021, 20:11 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Wali Kota Batam Muhammad Rudi menegaskan bahwa rencana pembangunan sirkuit Internasional di kawasan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) merupakan salah satu bagian rencana pengembangan wisata terpadu.

Dimana dalam cetak biru yang telah disusun, Rudi mengakui bahwa konsep wisata terpadu ini menggabungkan tiga destinasi wisata yakni, wisata air dari resort dan pantai yang berada di kawasan Nongsa.

Wisata alam yang ditawarkan oleh Kebun Raya Batam dan juga sirkuit Internasional yang juga akan dirancang sebagai destinasi wisata otomotif.

"Keberadaan sirkuit itu sudah bagian dari destinasi wisata baru di Batam, Wisata otomotif dan rencana sudah disiapkan," kata Rudi, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Titik Rawan di Kota Batam Kini Diawasi 36 CCTV

Dalam rencananya, proyek pembangunan sirkuit Internasional ini juga tidak akan menganggu lahan dari Kebun Raya Batam.

Menurutnya, keberadaan Kebun Raya Batam sendiri juga sangat diperlukan, sebagai salah satu upaya meredam potensi kebisingan suara yang ditimbulkan pada saat event berlangsung.

"Tanaman dan lahan Kebun Raya tidak akan terganggu. Kita butuh pohon sebagai salah satu upaya meredam suara yang akan ditimbulkan oleh event disana," papar Rudi.

Baca juga: Jamin Seleksi CPNS Transparan, Wakil Wali Kota Batam: Anak Saya Saja Tak Lulus

Walau demikian, Rudi juga belum dapat menjelaskan secara rinci mengenai rencana pembangunan sirkuit Internasional tersebut, apakah nantinya sirkuit tersebut akan dibangun dengan melibatkan pihak ketiga atau menggunakan anggaran dari Pemerintah Pusat.

"Yang pasti dampak ekonomi baik untuk masyarakat sekitar dan Kota Batam akan sangat besar. Kita tahu sendiri kalau mereka yang terlibat dalam event otomotif Internasional biasanya memiliki dana yang besar," jelas Rudi.

Baca juga: Kronologi Petugas Bea Cukai Batam Babak Belur Dihajar Massa Saat OTT Bongkar Muat Rokok Ilegal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com