Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisatawan Meningkat, Sandiaga Uno: Revenge Tourism di Jabar Sudah Terlihat

Kompas.com - 10/09/2021, 18:04 WIB
Putra Prima Perdana,
I Kadek Wira Aditya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, setelah pemerintah pusat melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Barat, fenomena masyarakat yang ingin "balas dendam" untuk berwisata cukup tinggi.

"Sudah terlihat revenge tourism di pantai Pangandaran dan Puncak (Bogor), mungkin juga di Bandung Barat," kata Sandiaga di Alam Wisata Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Cuma 20 Tempat Wisata yang Boleh Dibuka, Sandiaga Uno Pastikan Tidak Ada Diskriminasi

Sandiaga berharap fenomena tersebut tidak membawa efek negatif dan membawa penyebaran Covid-19 kembali meningkat.

"Butuh kerjasama baik pengelola maupun pengunjung juga serta masyarakat yang ikut memantau karena kita tidak akan mampu menekan penularan Covid-19 ini tanpa ada kerjasama dan gotong royong," ungkapnya.

Sandiaga pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin berwisata di akhir pekan ini untuk tetap mengikuti panduan protokol kesehatan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: Penyesuaian PPKM, Sandiaga Uno Minta Pelaku Parekraf Waspadai Serangan Pariwisata

"Pesan kepada masyarakat di seluruh wilayah nusantara, Kemenparekraf sudah memberikan panduan dan mohon diikuti secara patuh dan disiplin karena kebangkitan pariwisata ekonomi kreatif hanya bisa kita lakukan kalau kita bisa mengendalikan pandemi. Pandemi dikendalikan dengan vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan," ucapnya.

Selain itu, setiap masyarakat juga diimbau untuk memiliki akun PeduliLindungi agar pemantauan penyebaran Covid-19 bisa dilakukan secara maksimal di tempat wisata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com