Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tersangka, Sopir Truk yang Tewaskan 6 Orang di Sleman Tak Punya SIM

Kompas.com - 06/09/2021, 17:01 WIB
Wijaya Kusuma,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sopir truk batu berinisial S ditetapkan sebagai tersangka dalam kecelakaan tunggal di Jalan Candi Ijo, Gunung Sari, Sambirejo, Kapamewon Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Kecelakaan tunggal ini menyebabkan enam orang meninggal dunia.

"Sudah ditahan di Polres Sleman," ujar Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda DI Yogyakarta Kombes Pol Yuliyanto kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Masih Syok, Sopir Truk yang Tewaskan 6 Orang di Sleman Belum Bisa Dimintai Keterangan

Yuliyanto menyampaikan, dari keterangan S, posisi truk sebelum berangkat berada di jalan menurun. Sehingga ban truk diganjal agar tidak bergerak turun.

"Kalau mau jalan kan enggak mungkin langsung dilewati (batunya), maka dia mundur baru batunya (yang untuk mengganjal ban) diambil. Kemudian untuk masuk ke gigi satu itu kan melewati netral, nah di posisi netral itu truk jalan," ungkapnya.

"Enggak bisa masuk ke gigi satu karena sudah jalan agak kencang, sudah tidak bisa mengendalikan kendaraanya lah," imbuhnya.

Kondisi pengemudi truk mengalami luka ringan, sementara empat lainnya masih dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Sardjito, Rumah Sakit Panti Rapih, dan RSUD Prambanan.

Sementara itu, Kanit Laka Polres Sleman Iptu Galan Adid Dharmawan menambahkan, sopir truk telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Tersangka (pengemudi truk) belum memiliki SIM," pungkasnya.

Baca juga: Korban Tewas Kecelakaan Truk Pengangkut Batu di Tebing Breksi Sleman Jadi 6 orang

Karena kelaliannya, tersangka dijerat dengan Pasal 310 dan 311 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. S terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, sebuah truk pengangkut batu mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Candi Ijo, tepatnya di depan Gapura Gunung Sari, Sambirejo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Peristiwa kecelakaan tunggal ini terjadi pada Jumat (3/9/2021) sekitar pukul 20.00 WIB.

Truk tersebut mengangkut batu dari daerah Candi Ijo. Saat perjalanan turun, truk diduga mengalami rem blong.

Akibat kejadian ini, enam orang tewas, dan lima lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com