Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Kenang KGPAA Mangkunegara IX: Sosoknya Dekat dengan Masyarakat

Kompas.com - 13/08/2021, 21:07 WIB
Riska Farasonalia,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX meninggal dunia akibat penyakit jantung yang diderita pada Jumat (13/8/2021) dini hari.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun turut berdukacita atas kepergian KGPAA Mangkunegara IX di usianya yang Ke-70 tahun.

“Turut berbela sungkawa, innalillahi wa inna ilaihi rojiun Raja Solo Gusti Mangku, yang saya dulu sering memanggil Mas Djiwo telah berpulang,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Putra Bungsu Kenang Sosok KGPAA Mangkunegara IX: Selalu Bersemangat

Mangkunegara IX yang pada masa remajanya bernama Gusti Pangeran Haryo Sudjiwo Kusumo ini dikenal Ganjar sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat.

“Saya punya beberapa kenangan dengan beliau, ngobrol sangat santai. Orangnya waktu muda saya tahu sangat gaul, dekat dengan masyarakat. Termasuk keluarga-keluarga dari sana yang setiap Sura biasanya saya diundang,” ujarnya.

Ganjar mengaku terkejut tatkala mendengar kabar berpulangnya Raja Solo ke IX itu.

Mewakili masyarakat Jawa Tengah, Ganjar berdoa untuk keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan.

“Saya mewakili pribadi, keluarga dan masyarakat Jawa Tengah, selalu berdoa mudah-mudahan amal ibadah beliau diterima Allah subhanahu wa ta’ala dan seluruh dosa-dosanya diampuni. Mudah-mudahan keluarga juga diberikan kekuatan lahir dan batin,” pungkasnya.

Baca juga: Tiba di Solo, Jenazah KGPAA Mangkunegara IX Disemayamkan di Kagungan Ndalem Ageng

Diberitakan sebelumnya, KGPAA Mangkunegara IX meninggal dunia di Jakarta pada Jumat (13/8/2021) pukul 02.50 WIB.

KGPAA Mangkunegara IX meninggal dunia karena sakit jantung.

Jenazah KGPAA Mangkunegara IX akan dimakamkan di Kagungan Ndalem Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar pada Minggu (15/8/2021) pukul 10.00 WIB.

KGPAA Mangkunegara IX meninggalkan empat orang putra yakni GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, GRA Putri Agung Suniwati, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, GRA Ancillasura Sudjiwo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com