Polda Lampung Buka Gerai Pengisian Oksigen Gratis untuk Warga Isoman, Ini Syaratnya

Kompas.com - 06/08/2021, 19:15 WIB
Kapolda Lampung Irjen Hendro saat seremoni pembukaan gerai pengisian oksigen gratis di Desa Candimas, Kecamatan Natar. Dok. Humas Polda LampungKapolda Lampung Irjen Hendro saat seremoni pembukaan gerai pengisian oksigen gratis di Desa Candimas, Kecamatan Natar.

LAMPUNG, KOMPAS.com - Polda Lampung membuka gerai oksigen gratis bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (mandiri).

Gerai oksigen gratis ini berada di area perusahaan Lampung Gas di Desa Candimas, Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Kapolda Lampung, Inspektur Jenderal (Irjen) Hendro Sugiatno mengatakan, bantuan oksigen ini digratiskan bagi seluruh warga Lampung yang sedang membutuhkan oksigen.

Jumlah total oksigen cair yang merupakan bantuan dari PT Pupuk Indonesia ini mencapai 15 ton atau bisa untuk 1.500 tabung.

"Ini diprioritaskan untuk masyarakat yang sedang menjalani isoman. Kalau pun ada rumah sakit yang membutuhkan untuk kepentingan pasien, tetap akan dibantu, dan Ini gratis," kata Hendro dalam keterangan pers, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Cerita Gubernur Sumbar Ditelepon Jokowi, Curhat Susah Oksigen, Langsung Diberi Bantuan 100 Konsentrator, Obat, dan Vaksin Covid-19

Adapun syarat untuk bisa mendapatkan bantuan oksigen gratis ini adalah KTP, surat keterangan sedang menjalani isoman dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

"Jadi, masyarakat membawa tabung kosong. Setelah dilakukan pengecekan terhadap kelengkapan persyaratan, selanjutnya langsung diisi oleh petugas," kata Hendro.

Sedangkan untuk rumah sakit, pihak rumah sakit harus menyertakan surat keterangan sedang membutuhkan oksigen untuk pasien.

Penyerahan bantuan oksigen gratis tersebut turut disaksikan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Dirut PT Pupuk Indonesia Bakir Pasaman, Sekda Kabupaten Lampung Selatan dan Pejabat Utama Polres Lampung Selatan.

Baca juga: Dijanjikan Dapat Bansos Rp 3,6 Juta, Sejumlah Penyandang Disabilitas Kota Serang Kena Tipu

Hendro pun menjelaskan, pihaknya sejauh ini telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Lampung.

Di antaranya, kegiatan vaksinasi massal, penyaluran sembako, pembentukan (gerdu peduli) berupa dapur umum yang menyediakan 600 bungkus/kotak nasi dan gerai oksigen presisi Polda Lampung gratis.

"Kami juga membuka diri, bagi pihak-pihak atau para donatur yang ingin membantu, kita siap untuk menyalurkan bantuan itu. Untuk kegiatan hari ini, kami mengucapkan terima kasih," kata Hendro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.