Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangani Pasien Covid-19, Nakes RSUD Dr Moewardi Solo Diperbantukan ke RSDC Donohudan

Kompas.com - 06/08/2021, 17:29 WIB
Labib Zamani,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Tenaga kesehatan (nakes) RSUD Dr Moewardi Solo, Jawa Tengah diperbantukan dalam penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Asrama Haji Donohudan (AHD).

Direktur RSUD Dr Moewardi Solo, Cahyono Hadi mengatakan, RS Darurat Asrama Haji Donohudan sudah dioperasikan sementara baru di lantai satu.

"Nakesnya sebagian dari Moewardi dibantu relawan. Supervisor juga dari RSDM. Sementara lantai satu yang sudah dioperasikan," kata Cahyono saat dihubungi, Jumat (6/8/2021).

"Ada sekitar 40 nakes separuh dari Moewardi dan separuh dari relawan," tambah dia.

Baca juga: Luhut Pastikan RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Siap Digunakan

RSUD Dr Moewardi Solo juga menerjunkan dokter spesialis berpangalaman menangani pasien Covid di RS Darurat Asrama Haji Donohudan.

Menurut dia RS Darurat Asrama Haji Donohudan untuk menangani pasien Covid-19 gejala ringan dan sedang.

"Dokter spesialis yang kita terjunkan ada penyakit dalam, paru, dan spesialis lainnya. Semuanya diratakan karena untuk Covid-19 gejala ringan dan sedang. Bila nanti sudah menjadi berat maka akan dilarikan ke Moewardi," kata dia.

Cahyono menerangkan nakes yang diterjunkan akan menangani pasien RS Darurat Asrama Haji Donohudan hingga pandemi berakhir.

Baca juga: Miliki Kapasitas 344 Tempat Tidur, RSDC Asrama Haji Donohudan Beroperasi 2 Agustus

Sedangkan dokter spesialis akan dibagi dalam shift sehingga mereka bisa bertugas di RS Darurat Asrama Haji Donohudan dan RSUD Dr Moewardi.

"Nakes dari Moewardi akan diterjunkan hingga pandemi berakhir dan full di AHD. Dokter spesialis akan bisa bolak-balik ke Moewardi dengan sistem shift di RS AHD dan Moewardi. Sifatnya membantu," ungkapnya.

RS Darurat Asrama Haji Donohudan memiliki fasilitas berupa tabung oksigen, oksigen sentral, dan alat terapi oksigen aliran tinggi.

"Bagi pasien yang membutuhkan ventilator (berat) akan dilarikan ke RSUD Dr Moewardi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com