Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Tak Surutkan Minat Warga Luar Aceh Rayakan Idul Adha di Banda Aceh

Kompas.com - 20/07/2021, 17:54 WIB
Daspriani Y Zamzami,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

BANDAACEH, KOMPAS.com - Meski ditetapkan sebagai daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan pengetatan, namun pelaksanaan shalat Idul Adha di Kota Banda Aceh tetap berjalan. 

Sekitar seribu orang warga mendatangi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh untuk melakukan ibadah shalat Id, walau mereka disarankan menunaikan shalat di masjid di permukiman masing-masing.

Baca juga: Pengakuan Pria dalam Video Viral Terobos Penyekatan: Saya Tarik Polisi ke Pinggir karena...

Juga diikuti pendatang dari luar Aceh

Shalat Id di Masjid Baiturrahman, tidak hanya diikuti oleh warga Kota Banda Aceh dan sekitarnya, tapi juga diikuti oleh pendatang dari luar Aceh.

Meski ada sedikit perubahan mengenai aturan protokol kesehatan,  namun mereka mengakui Aceh tak membatasi ibadah di tengah pandemi.

Ali Amran Abbas Datok Raja Nan Endah (58), warga asal Sumatera Barat menyebutkan, pelaksanaan ibadah di Kota Banda Aceh terasa sama dengan waktu-waktu sebelumnya.

“Di Banda Aceh ini memang terasa beda dari tempat lain ya, kita beribadah sama seperti waktu sebelumnya, tapi segenap ulama dan guru-guru disini tetap mengingatkan warga yang ke masjid, khususnya masjid Baiturrahman ini harus mengikuti protokol kesehatan, dan warga mematuhinya, jadi khusyuknya terasa,” jelas Ali Amran, kepada Kompas.com, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Idul Adha Saat PPKM Darurat, Jemaah Padati Masjid-masjid di Medan

Bahkan pendatang yang ada di Banda Aceh tidak mengetahui jika Kota Banda Aceh menjadi satu dari 43 kota di Indonesia yang harus menerapkan PPKM dengan pengetatan di luar Jawa dan Bali.

“Enggak tau juga jika disini ada PPKM dengan pengetatan, tapi yang jelas prokes dijalankan saat salat di Masjid Baiturrahman, meski sedikit susah, tapi ya harus kita patuhi lah ya demi kesehatan kita semua,” ujar Pia, warga asal Sumatera Utara itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com