Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Apresiasi, Relawan Banda Indonesia Bagikan Makanan untuk Penggali Kubur Covid 19

Kompas.com - 13/07/2021, 20:52 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Relawan Bantuan Darurat (Banda) Indonesia mewujudkan kepeduliannya terhadap para penggali kubur korban Covid 19.

Mereka membagikan makanan kepada para penggali kubur di pemakaman Covid kilometer 15, Karang Joang, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Hal kecil yang dilakukan ini untuk memberikan semangat kepada para penggali kubur, yang bekerja marathon menggali dan memakamkan korban Covid 19.

Baca juga: Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Delta dengan Umum

Senyum sumringah terpancar di wajah para penggali kubur yang tergabung dalam Satgas Covid 19. Mereka mendapatkan kiriman 40 kotak makanan yang masih hangat.

Hendro, salah seorang petugas Satgas Covid 19 dari BPBD Balikpapan, mengungkapkan rasa syukur atas kepedulian relawan Banda Indonesia.

"Terima kasih teman-teman Banda. Kalian begitu peduli dengan kami. Semoga menjadi berkat," ungkap Hendro, yang menerima bantuan itu.

Dalam kondisi darurat ini, kerja mereka sangat berat karena setiap hari jumlah korban Covid 19 yang meninggal mencapai puluhan orang.

Bahkan pada Senin12 Juli 2021, korban yang meninggal dunia mencapai 39 orang.

Hari ini, Selasa 13 Juli 2021 hingga pukul 16.00 Wita, ada 20 orang meninggal akibat Covid 19.

Tentu saja situasi ini membuat para pekerja pemakaman membutuhkan energi dan asupan gizi untuk bekerja dengan baik.

Fakta ini membuat Banda Indonesia merasa punya kewajiban moril untuk memberikan bantuan makanan serta minuman sari buah dan susu.

Harapannya, bantuan tersebut bisa menjaga stamina para pekerja sehingga mereka tetap kuat mencangkul dan memakamkan korban Covid 19.

Baca juga: Kisah Kakek Berusia 93 Tahun Berjuang Sembuh dari Covid-19

"Ini adalah wujud empati. Kami mengerti kesusahan teman-teman yang bekerja di pemakaman, karena saya pribadi juga pernah merasakan lelah seperti mereka dalam menangani jenazah Covid," ujar Ketua Banda Indonesia, Andre.

Sementara itu koordinator lapangan Satgas Covid 19 yang mengurus pemakaman dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) , Usman Ali ST, mengatakan bahwa mereka tak membutuhkan sumbangan berupa uang.

Jadi, diharapkan warga yang bersimpati dan ingin memberikan sumbangan, sebaiknya berupa makanan, minuman sari buah.

"Jangan berupa uang. Kalau mau memberi cukup makanan, minuman sari buah, susu dan buah- buahan serta vitamin," ujar Usman Ali.

"Untuk penyaluran bantuan dapat menghubunginya melalui HP 0821 4828 4184," tambah Usman.

Tujuannya, warga tidak banyak datang ke pemakaman Covid 19 dan penyaluran bantuan terarah serta bisa langsung disalurkan kepada petugas yang bertugas di area pemakaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com