Stok Tabung Oksigen untuk Pasien Menipis, Ini Cara RSUD Banten Mengakalinya

Kompas.com - 07/07/2021, 20:20 WIB
Melonjaknya pasien Covid-19 mengakibatkan ketersediaan oksigen di RSUD Banten menipis. Pihak rumah sakit meminta bantuan Kejati Banten untuk memasok isi oksigen 6 meter. KOMPAS.COM/RASYID RIDHOMelonjaknya pasien Covid-19 mengakibatkan ketersediaan oksigen di RSUD Banten menipis. Pihak rumah sakit meminta bantuan Kejati Banten untuk memasok isi oksigen 6 meter.

SERANG, KOMPAS.com - Melonjaknya pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten membuat kebutuhan oksigen meningkat menjadi 50 tabung per harinya.

Petugas kesehatan RSUD Banten Hadi mengatakan, dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Provinsi Banten mengakibatkan sulit mendapatkan pasokan tabung oksigen ukuran 6 meter kubik.

"Kebutuhan per harinya 50 tabung oksigen. Itu dibagi untuk beberapa ruangan, baik pasien Covid dan umum," ujar Hadi kepada wartawan di RSUD Banten, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Permintaan Tabung Oksigen untuk RS di Bandung Naik 3 Kali Lipat, Wali Kota Oded: Stok Aman

Selama ini, pihak rumah sakit milik Pemprov Banten itu mengatasi kebutuhan pasokan oksigen dengan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak supplier oksigen.

Namun, karena konidsi saat ini rumah sakit lainnya juga membutuhkan pasokan oksigen.

"Kebutuhan oksigen cukup bertambah, normalnya 21 sampai 25 tabung. Karena adanya lonjakan jadi mengantre," kata Hadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Curhat Nakes RSUD Banten, Kerja Tanpa Insentif sejak Awal Pandemi, hingga Terpapar Corona

Akhirnya, karena kondisi ketersedian tabung oksigen mulai menipis, RSUD Banten meminta bantuan kepada Kejaksaan Tinggi Banten untuk memapermudah akses mendapatkan tabung oksigen.

"Tabung oksigen di RSUD Banten ini sudah menipis, kita melakukan koordinasi dengan cepat dengan penyedia dalam hal ini PT Krakatau Steel, yang bersedia melakukan pelayanan refill isi ulang tabung oksigen," kata koordinator di bidang intelejen Kejati Banten M Yusuf di RSUD Banten, Rabu. 

Baca juga: Gara-gara Sesak Napas Tak Dapat Tabung Oksigen, 2 Pasien Covid-19 di Lampung Meninggal Sesampainya di IGD

Kejati Banten akhirnya mengerahkan kendaraan tahanan untuk mengangkut tabung ke PT Krakatau Steel di Kota Cilegon, Banten untuk diisi.

"Kita akan terus membantu memasok oksigen. Jangan sampai kebutuhan oksigen di RSUD Banten tidak terpenuhi. Ini menyangkut nyawa," ujar Yusuf didampingi Kasi Penkum Kejati Banten Ivan Hebron Siahaan.

Baca juga: Kisah Warga Banten Susah Berobat Covid-19, Sampai Harus Menyeberang ke Jabar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.