Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Keterjangkitan Covid-19 Tinggi, Gubernur Kalbar: Varian Baru Sangat Mungkin Sudah Masuk

Kompas.com - 07/07/2021, 12:02 WIB
Hendra Cipta,
Khairina

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Tingkat keterjangkitan virus corona atau Covid-19 di Kalimantan Barat (Kalbar) disebut tinggi.

Saat ini, Kota Pontianak dan Kota Singkawang masuk ke dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Maka dari itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji menduga, Covid-19 varian baru telah masuk.

"Potensi varian baru sangat mungkin sudah masuk ke Kalbar," kata Sutarmidji dalam akun media sosialnya yang terkonfirmasi, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: 48 Orang Terdeteksi Positif Covid-19 Setelah Tiba di Bandara Manado

Menurut Sutarmidji, pihaknya sudah lama menjaga pintu masuk di Bandara Internasional Supadio Pontianak dengan menerapkan syarat terbang swab polymerase chain reaction (PCR).

"Kita jaga bandara dgn PCR, ternyata dari kapal penumpang, dermaga-dermaga di luar pelabuhan dan tidak ditutupnya perbatasan dengab provinsi tetangga yang keterjangkitannya sangat tinggi," ucap Sutarmidji.

Sutarmidji mengimbau masyarakat, jika ada gejala flu dan badan meriang, segera lakukan swan di fasilitas kesehatan terdekat.

"Minta obat. Semua tak bayar.  Oksigen sampai saat ini masih aman. Segera vaksin biar terhindar dari akibat fatal Covid-19," ujar Sutarmidji.

Baca juga: Pembangunan GOR Manahan, Pemkot Solo Kirim Surat Minta 400 Tabung Gas

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Kalbar tengah mengantisipasi terjadinya penumpukan pasien di rumah sakit, dengan menyiapkan rumah sakit lapangan.

"Saat ini kami sedang siapkan rumah sakit lapangan untuk 100 pasien dan ruang isolasi ketat untuk 250 orang," kata Sutarmidji.

Saat ini, lanjut Sutarmidji, kasus aktif Covid-19 juga telah mencapai 10 persen. Dampaknya, bed occupancy ratio (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di RSUD Sudarso Pontianak telah mencapai 90 persen.

"Pagi ini Sudarso, untuk tempat tidur Covid-19 terisi 90-an persen. Angka positif aktif hampir 10 persen, itu artinya tingkat keterjangkitan semakin tinggi. Masyarakat Kalbar, saya ingin mengingatkan, kondisi kita sangat perlu diwaspadai," ujar Sutarmidji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com