Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Warga di Jeneponto Usir Nakes yang Akan Lakukan Pelacakan Kontak Erat

Kompas.com - 06/07/2021, 12:55 WIB
Abdul Haq ,
Dony Aprian

Tim Redaksi

JENEPONTO, KOMPAS.com - Video sejumlah warga di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, mengusir tenaga kesehatan (nakes) yang akan melakukan pelacakan kontak erat kasus Covid-19 viral di media sosial.

Sejumlah nakes yang dikawal personel TNI/Polri ini hendak melakukan tracing kontak erat dan tes swab terhadap salah satu keluarga pasien positif Covid-19.

Baca juga: Video Viral Pengemudi Mobil Asal Semarang Ngotot Masuk Surabaya, Adu Argumen dengan Polisi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Susanti Mansyur mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di Dusun Batuleleng, Desa Mallosoro, Kecamatan Bangkala, Kamis (1/7/2021).

"Kami diusir oleh warga yang menolak uji swab. Uji swab ini kami perlu lakukan sebab salah satu pasien asal kampung tersebut terkonfirmasi Covid-19," kata Susanti saat dihubungi wartawan, Selasa (6/7/2021).

Susanti mengatakan, pasien tersebut saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lanto Daeng Pasewang.

"Pasien masuk rumah sakit akibat patah tulang, dan setelah uji swab ternyata hasilnya positif Covid-19. Atas dasar ini kami harus melakukan tracing kepada keluarga inti pasien, namun mereka menolak dan mengusir kami," ujarnya.

Baca juga: Video Viral Pengunjung Resto Sebut Tak Takut Corona, Polisi Periksa Pengelola

Sementara itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menyesalkan adanya insiden pengusiran nakes yang dilakukan oleh sejumlah warga.

Ke depan, kata Iksan, akan mengedukasi kepada warga terkait bahaya virus corona.

"Kejadian ini kami sangat sayangkan, dan kami akan berusaha memberikan pemahaman melalui seluruh perangkat pemerintahan agar warga mau mengikuti tracing yang dilakukan oleh Satgas Covid-19," kata Iksan Iskandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com