Jaga PSU Pilkada, 172 Personel Polda NTT Diberangkatkan ke Sabu Raijua

Kompas.com - 28/06/2021, 17:44 WIB
Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, kepada Kompas.com di Mapolda NTT, Kamis (7/1/2020). KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BEREKabidhumas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, kepada Kompas.com di Mapolda NTT, Kamis (7/1/2020).

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 172 personel Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), diberangkatkan ke Kabupaten Sabu Raijua, Senin (28/6/2021).

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna B mengatakan, ratusan personel itu dikirim untuk mengamankan pemungutan suara ulang (PSU) di Sabu Raijua.

Baca juga: Nelayan Sabu Raijua Temukan Dugong Mati Terdampar di Pantai, Proses Pemakaman Pakai Ritual Adat

Menurut Krisna, ratusan personel mendukung Polres Sabu Raijua untuk menjaga keamanan dan proses PSU Pilkada Sabu Raijua.

"Para personel ini diberangkatkan dengan menggunakan transportasi laut," ujar Krisna di Kupang, Senin petang.

Menurut Krisna, Kapolda NTT telah mengeluarkan surat perintah yang tertuang dalam nomor Sprin/553/V/Ops.2/2021 yang ditandatangani pada 28 Mei 2021.

Personel yang terlibat dalam BKO ini, lanjut Krisna, sebelumnya telah diberikan pelatihan khusus yang dilaksanakan setiap hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Latihan itu, bertujuan meningkatkan kemampuan personel melakukan pengamanan PSU di wilayah Kabupaten Sabu Raijua.

“Diharapkan dengan adanya penambahan pasukan ini agar dapat mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pelaksanaan PSU di Sabu Raijua, sehingga berlangsung aman, jujur, adil, demokratis dan aman dari penyebaran Covid-19," kata Krisna.

Kapolda, kata Krisna, menegaskan agar seluruh personel Polri tetap menjaga netralitas dalam memberikan pelayanan selama berlangsungnya tahapan PSU.

Sebelumnya, MK memerintahkan KPU menggelar pemungutan suara ulang dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2020.

Hal itu diputuskan dalam sidang putusan atas perkara yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 3 yakni Takem Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba.

Baca juga: Kebijakan Baru Berkunjung ke Bali, Tes GeNose Kini Tak Berlaku Lagi

"Memerintahkan termohon (KPU) untuk melaksanakan pemungutan suara ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2020," kata Ketua MK Anwar Usman dalam sidang yang disiarkan secara daring, Kamis (15/4/2021).

MK pun membatalkan kemenangan pasangan nomor urut 02 Orient Patriot Riwu Kore dan Thobias Uly Orient Patriot. Orient terbukti masih warga negara (WN) Amerika Serikat (AS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.