Bantu Antar 6 Anggota TNI AL Aniaya 2 Warga Sipil, Pria Ini Ikut Ditangkap Polisi

Kompas.com - 21/06/2021, 14:04 WIB
Ilustrasi thawornnurakIlustrasi

KARAWANG, KOMPAS.com - Polisi Resor (Polres) Purwakarta menangkap seorang warga sipil, R (45), terkait kasus pembunuhan yang melibatkan enam oknum anggota TNI AL.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Purwakarta AKP Fitran Romajimah mengungkapkan, pria berinisial R ditangkap pada 15 Juni 2021.

Ia ditangkap saat sedang berada di tempat pencucian kendaraan tepatnya di Kel. Munjul Jaya Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, R berperan membantu meminjamkan kendaraan dan mengantar enam oknum anggota TNI AL menjemput dan menganiaya korban.

Salah satu korban bernama Fransisco Manalu, yang mereka tuduh telah mengambil mobil milik orangtua pacar dari salah satu anggota TNI AL tersebut. 

"Perannya turut serta dalam membantu memberikan sarana kesempatan sehingga perbuatan terjadi terjadi. (Peran R) kendaraan roda empat, digunakan untuk menjemput korban," kata Fitran melalui pesan singkat ke Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Baca juga: Duduk Perkara 6 Anggota TNI AL Aniaya 2 Warga Purwakarta, 1 Tewas, Mayatnya Disembunyikan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain R, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, yakni satu unit kendaraan roda empat, dua buah cangkuk, dan satu unit telepon genggam.

Diberitakan sebelumnya, enam oknum anggota TNI AL melakukan tindakan tidak terpuji dengan menculik dan mengeroyok dua warga di Purwakarta, Jawa Barat, pada 29 Mei 2021. Akibatnya, satu orang meninggal dunia.

Keterangan mengenai kasus ini disampaikan langsung Komandan Puspomal Laksamana Muda TNI Nazali Lempo saat konferensi pers Kantor Pusat Militer AL, Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: 6 Anggota TNI AL Aniaya Warga Sipil hingga Tewas, Danpuspomal: Maksimal 10 Tahun Penjara dan Dipecat

Nazali menyebutkan, awal kejadian ini yakni gara-gara orangtua calon istri salah satu oknum prajurit mengadu kehilangan mobil.

Oknum prajurit TNI AL yang bertugas di Polisi Militer AL tersebut kemudian berinisiatif membantu mencari mobil milik keluarga calon istrinya.

Oknum tersebut melibatkan lima temannya di TNI AL yang pada waktu itu tengah berlatih sebagai atlet dayung di kawasan Purwakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X