Munisah Menangis, Anaknya yang Menjadi Calon TKW Loncat dari Gedung Setinggi 15 Meter

Kompas.com - 19/06/2021, 08:53 WIB
Munisah saat menunjukkan foto anaknya Fauziah yang dirawat di RS Malang KOMPAS.COM/IDHAM KHALIDMunisah saat menunjukkan foto anaknya Fauziah yang dirawat di RS Malang

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Munisah tak kuasa menahan tangis mendengar cerita anaknya Fauziah yang kabur dengan melompat dari Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Luar Negeri, Central Karya Semesta, Malang, Jawa Timur setinggi 15 meter.

Fauziah merupakan salah satu calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang akan dikirimkan ke Singapura, namun karena tidak betah menerima perlakuan saat berada di tempat latihan, sehingga Fauziah berencana kabur bersama beberapa teman lainnya.

Munisah menuturkan, bahwa sebelum anaknya kabur, Fauziah sempat menelepon untuk memberitahukan niatnya untuk kabur.

"Sebelum dia (Fauziah) kabur itu, dia sempat nelpon, katanya 'ibu-ibu saya mau lari (kabur), terus saya bilang jangan-jangan'," kata Munisah, saat ditemui di rumahnya yang berada di Desa Labulie, Lombok Tengah, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Kejanggalan Kasus 5 CTKW Lompat dari Gedung, Gaji 6 Bulan di Singapura Cuma Rp 1,2 Juta

Munisah mengatakan, saat itu ia mendengarkan alasan Fauziah inging kabur, karena tidak mendapatkan pelayanan yang baik, seperti jarang dikasih makan.

"Katanya dia tidak betah, karena makannya hanya sedikit dikasih sarapan hanya pakai kolak, terus katanya tidak dikasih ke luar, sangat ketat, dan handphone-nya sering disita," kata Munisah sambil berlinang air mata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walaupun belum diceritakan banyak soal apa yang terjadi di dalam BLK oleh Fauziah, Munisah meyakini ada perlakuan yang tidak baik terhadap putrinya sehingga terpaksa harus nekat loncat dari lantai dengan ketinggian 15 meter.

"Saya kira waktu itu, dia akan lari (kabur) itu pakai kaki, lari-lari, ternyata dia loncat dari gedung," kata Munisah, sambil memperagakan membayangkan anaknya jatuh dari gedung.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X