Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Menteri Desa PDTT Dorong Program SDGs Desa, Bupati Wonogiri Berikan Apresiasi

Kompas.com - 17/06/2021, 08:46 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek memberikan apresiasi kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri atas program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Menurutnya, penarikan SDGs ke level desa merupakan pandangan yang sangat visioner. Sebab, sebelumnya konsep in mungkin hanya dikenal dalam level nasional atau global saja.

“Satu hal yang luar biasa. Mohon saya diperkenalkan untuk memberikan apresiasi dan pemikiran visioner dari Bapak Menteri Desa PDTT,” kata dia melalui keterangan pers resmi, dikutip Kompas.com, Kamis (17/6/2021).

Ia melanjutkan, terdapat 251 desa di Kabupaten Wonogiri yang berkomitmen untuk saling berkontribusi terhadap tercapainya 18 indikator SDGs.

Baca juga: Kabupaten Wonogiri Tercepat dalam Pendataan SDGs Desa, Gus Menteri Penasaran

“Desa harus terbebas dari kemiskinan dan kelaparan. Pertumbuhan ekonominya harus oke, peduli kesehatan, pendidikan, air bersih dan sanitasi, lingkungan darat dan laut, serta ramah terhadap perempuan. Ini sudah kami implementasikan, Pak Menteri,” paparnya.

Pernyataan dukungan itu disampaikan Jekek saat berada di Pendopo Kabupaten Wonogiri, tepatnya ketika menerima kunjungan Gus Menteri, Rabu (16/6/2021).

Kepada Gus Menteri, ia mengungkapkan, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi penurunan kemiskinan yang cukup signifikan di Kabupaten Wonogiri, yakni dari 13 persen ke 10 persen.

Hal itu, lanjut dia, bisa terjadi karena buah dari implementasi dan sinergitas antara pemerintah kabupaten dengan desa.

Baca juga: Lantik Pejabat Baru Kemendes PDTT, Gus Menteri Ingatkan Soal Tugas dan Tanggung Jawab

“Hari ini kami mempunyai harapan yang lebih terstruktur dan terukur dengan adanya SDGs desa yang digaungkan Bapak Menteri,” ujarnya.

Penting diketahui, Wonogiri menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang berhasil menyelesaikan pendataan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa sebelum waktu penargetan, yaitu 1 Juni 2021.

Lewat capaian tersebut, Gus Menteri kemudian memberikan penghargaan kepada 656 orang yang terlibat dalam penyelesaian pendataan data di Kabupaten Wonogiri.

Adapun 656 orang yang menerima penghargaan itu terdiri dari 251 kepala desa, 251 sekretaris desa sekaligus ketua tugas kelompok kerja (pokja) pendataan, enam pendamping kabupaten, 53 pendamping desa, dan 69 pendamping lokal desa.

Baca juga: Gus Menteri Minta Kades Seluruh Indonesia Selesaikan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com