Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

2 RS Swasta di Yogyakarta Ini Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis, Simak Syaratnya

Kompas.com - 16/06/2021, 15:49 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS. com - Dua rumah sakit swasta di Kota Yogyakarta membuka layanan vaksinasi Covid-19 secara gratis. Kedua rumah sakit itu yakni Rumah Sakit Bethesda dan Panti Rapih.

Kepala Humas Rumah Sakit Panti Rapih Maria Vita mengatakan, RS Panti Rapih membuka vaksinasi untuk warga Kota Yogyakarta berdasarkan Surat Edaran Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta nomor 440/3774 tentang percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok pra lansia, lansia, dan pelayanan publik.

"Vaksinasi dimulai sejak tanggal 6 Juni 2021, vaksin diprioritaskan bagi warga yang berdomisili di Kota Yogyakarta," ujarnya saat dihubungi, Rabu (16/6/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Solo Mulai Sasar Warga Berusia 18 Tahun ke Atas

Ia menyampaikan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh warga yang akan melakukan vaksin di RS Panti Rapih, seperti syarat bagi bukan karyawan/pelaku usaha/pelayanan publik yakni usia 60 tahun ke atas atau lansia, usia 50-59 tahun pra lansia, dan usia 18-49 tahun.

"Untuk usia 18-49 tahun membawa 2 orang usia 50 tahun untuk vaksin prioritas bagi warga domisili Kota Yogyakarta," kata dia.

Sedangkan syarat untuk karyawan, pelaku usaha, atau pelayan publik yaitu tempat usaha beralamat di wilayah Kota Yogyakarta. Karyawan wajib menyertakan surat keterangan bekerja dari kantor atau tempat usaha.

Syarat bagi pemilik usaha membawa bukti fotokopi surat izin usaha bukti pendirian usaha. Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI Polri, pegawai BUMN, guru membawa kartu anggota. Saat datang vaksinasi warga harus membawa KTP.

"Pendaftaran minimal H-1 sebelum pelaksanaan dengan menghubungi nomor telepon (0274) 514004 atau 514008. Dengan kuota per harinya 150 orang, pelaksanaan dimulai pukul 07.30-10.00," kata dia.

Bagi warga yang memiliki komorbid diminta melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang merawat. 

Sedangkan untuk vaksin yang digunakan pada vaksinasi Covid-19 ini menggunakan Astra Zeneca.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke