Undip Terima 3.257 Calon Mahasiswa dari Jalur SBMPTN, Psikologi Jadi Jurusan Favorit

Kompas.com - 15/06/2021, 22:10 WIB
Universitas Diponegoro (Undip) Semarang KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUniversitas Diponegoro (Undip) Semarang

SEMARANG, KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 pada Senin (14/6/2021).

Dari seleksi itu, Universitas Diponegoro (Undip) Kota Semarang menerima 3.257 calon mahasiswa.

Dari 52 jurusan yang ada di Undip, jurusan Psikologi masih menjadi idaman para calon mahasiswa dengan jumlah pendaftar sebanyak 3.401 orang.

Baca juga: Soal Konflik Internal PDI-P dengan Ganjar Pranowo, Akademisi Undip: Bisa Saja Test the Water

Disusul jurusan Hukum sebanyak 3.391 peminat, jurusan Manajemen sebanyak 2.786 peminat, jurusan Kedokteran sebanyak 2.583 peminat dan di urutan terakhir jurusan Ilmu Komunikasi sebanyak 2.072 peminat.

Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama menyampaikan, kampusnya masih menjadi salah satu yang paling diminati di Indonesia.

“Banyaknya peminat dikarenakan Undip masuk 3 besar yang lulusannya cepat memperoleh pekerjaan versi QS Rangkings,” jelas Yos dalam siaran pers, Selasa (15/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof Dian Ratna Sawitri mengungkapkan sejumlah faktor yang membuat jurusan Psikologi masih menjadi favorit calon mahasiswa.

Baca juga: Jalur Mandiri Undip 2021 Segera Ditutup, Ini Syarat dan Biaya Kuliah

Di antaranya yakni branding aktif seperti peran aktif kiprah dosen di masyarakat, prestasi mahasiswa di level nasional dan internasional, peran alumni di dunia kerja, serta penyajian informasi kegiatan fakultas ke masyarakat.

“Fakultas Psikologi Undip juga telah berhasil menunjukkan daya saingnya di era modern ini. Dengan visi menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis keluarga Indonesia yang adaptif terhadap perubahan zaman di Asia Tenggara pada tahun 2025, Fakultas Psikologi Undip senantiasa mendukung Undip menjadi excellent research university," jelasnya.

Sebagai informasi, pengumuman SBMPTN 2021 dapat diakses melalui laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ atau https://sbmptn.undip.ac.id.

Untuk registrasi ulang, dipersilakan mengakses https://pmb.undip.ac.id/registrasi-ulang-calon-mahasiswa-baru-jalur-sbmptn-2021/.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X