PPDB SMK Banten 2021: Kuota, Cara Daftar, dan Syarat

Kompas.com - 14/06/2021, 17:44 WIB
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021. KOMPAS.com/ABBA GABRILLINIlustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021.

SERANG, KOMPAS.com - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMK di Provinsi Banten sudah dibuka mulai hari tanggal 14 hingga 18 Juni 2021.

Pada PPDB SMK tahun 2021 ada 29.000 kuota di 81 SMKN di seluruh Provinsi Banten.

Baca juga: PPDB SMA dan SMK Banten: Jadwal Pendaftaran dan Aturan

Calon siswa diminta untuk menyiapkan berkas persayaratan seperti ijazah SMP sederajat atau surat keterangan setara dengan ijazah.

Baca juga: Bermasalah Saat Pendaftaran PPDB Jabar, Segera Laporkan ke Sini

Kemudian nilai rapor SMP sederjat lima semester terakhir, sertifikat/piagam/surat keterangan prestasi/penghargaan akademik/non akademik

Selanjutnya, berusia paling tinggi 21 tahun pada tanggal 1 Juli 2021 dan belum menikah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kartu keluarga atau surat keterangan domisili dari RT/RW yang diketahui kelurahan dan pas photo berwarna ukuran 3x4 berjumlah dua lembar.

Dindikbud Provinsi Banten juga menyerahkan kepada satuan pendidikan dapat menetapkan syarat khusus  kopentensi keahlian yang membutuhkan persyaratan khusus.

"Kewengan SMK diberikan ke pihak sekolah untuk melakukan seleksi," kata Ketua Pelaksana PPDB Banten Tahun 2021 Muhamad Taqwin, Rabu (14/6/2021).

Taqwin menjelaskan, berdasarkan Permendikbud  nomor 1 tahun 2021, di jenjang SMK tidak ada jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orangtua.

"Namun, untuk di Banten kita mempersilakan dengan tiga cara. Pertama nilai rapor, bisa juga dikombinasi antara nilai rapor dan prestasi non-akademik, ada juga yang memberlakukan tes khusus," ujar Taqwin.

Untuk para calon siswa SMK hanya diperbolehkan memilih satu sekolah dengan dua pilihan program keahlian.

"SMK calon siswa memilih satu sekolah dengan dua program jurusan. Jadi boleh milih dua jurusan," kata Taqwin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X