Kabupaten Semarang Zona Merah Covid-19, tapi Masih Ada Tempat Wisata Nekat Buka

Kompas.com - 14/06/2021, 17:24 WIB
Bupati Semarang Ngesti Nugraha meninjau penerapan protokol kesehatan di obyek wisata. KOMPAS.com/ISTBupati Semarang Ngesti Nugraha meninjau penerapan protokol kesehatan di obyek wisata.

UNGARAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, masih menemukan tempat wisata yang membandel beroperasi. 

Padahal, sejak berstatus zona merah atau berisiko tinggi terjadinya penularan Covid-19, sudah ada instruksi menutup tempat wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih mengatakan akan terus memantau tempat wisata yang harus ditutup sesuai Instruksi Bupati Semarang.

"Kemarin memang ada teguran kepada pengelola tempat wisata Celosia Bandungan yang pengunjungnya membeludak. Sudah kita tegur dan hari ini tutup," kata Dewi dalam keterangan tertulis, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Picu Kerumunan, Holywings dan Bowery Semarang Disegel

Dia menegaskan jika ditemukan pelanggaran berat, maka akan diterapkan sanksi tegas berupa penyegelan tempat usaha berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular.

Sementara itu, Bupati Semarang Ngesti Nugraha terus melakukan inspeksi ke beberapa lokasi wisata dan tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan pada Minggu (13/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Umbul Sidomukti, Ngesti meminta pengelola untuk mentaati instruksi Bupati Semarang Nomor 14 Tahun 2021 untuk menutup tempat wisata guna menekan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Semarang.

"Sedangkan restoran dan tempat makan diperbolehkan buka dengan ketentuan pembatasan pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Baca juga: Ada Instruksi dari Kapolri, Ratusan Terduga Preman di Semarang Ditangkap

Ngesti menegaskan jika para pengelola tempat wisata terus melanggar instruksi, maka akan diambil tindakan tegas berupa penutupan tempat wisata atau restoran.

"Saat ini Kabupaten Semarang sudah zona merah, semua harus mematuhi protokol kesehatan dan aturan dengan tujuan menekan penyebaran Covid-19," paparnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X