Semua Titik Api di Kilang Pertamina Cilacap Telah Dipadamkan

Kompas.com - 14/06/2021, 07:36 WIB
Kepulan asap hitam di area kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (12/6/2021). KOMPAS.COM/HNADOUTKepulan asap hitam di area kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (12/6/2021).

CILACAP, KOMPAS.com - Kebakaran yang terjadi di area kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, berhasil dipadamkan, Minggu (13/6/2021).

Dirut PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono menyampaikan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.50 WIB.

"Tadi pada pukul 10.50 WIB alhamdulillah kawan-kawan RU IV Cilacap telah bisa memadamkan seluruh api di area 39," kata Djoko kepada wartawan di Cilacap, Minggu.

Baca juga: Kebakaran Kilang Cilacap, Pertamina Masih Berupaya Padamkan Satu Titik Api

Djoko mengatakan, api berhasil dipadamkan setelah lebih dari 36 jam membakar tangki di area 39.

"Memang dalam waktu cepat kemarin juga sempat dinyatakan padam, tetapi ternyata ada satu titik api yang masih menyala, sehingga bisa dipadamkan secara tuntas di jam 10.50 WIB," ujar Djoko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski telah padam total, kata Djoko, pihaknya tetap mewaspadai kemungkinan muncul titik api kembali.

"Kami tetap waspada, teman-teman RU IV tetap menjaga di lingkungan sekitar tangki supaya tidak terjadi titik api kembali," kata Djoko.

Baca juga: Kilang Pertamina RU IV Cilacap Terbakar, Diduga Tersambar Petir

Pihaknya juga terus melakukan upaya pendinginan.

"Alhamdulillah temperatur di tangki tadi 35 derajat, artinya kita bisa pastikan bahwa dengan temperatur tersebut tidak ada auto-ignition," jelas Djoko.

Diberitakan sebelumnya, area kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terbakar, Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X