Akan Dibuka Juli, Bagaimana Alur Kedatangan Wisatawan Mancanegara Saat Masuk Bali?

Kompas.com - 12/06/2021, 17:56 WIB
Ilustrasi Bali. Dok. KemenparekrafIlustrasi Bali.

BALI, KOMPAS.com - Rencana pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara (wisman) pada Juli mendatang terus dimatangkan.

Meski belum bisa dipastikan, Pemerintah Provinsi Bali telah menyelesaikan alur penerimaan wisman saat mereka menginjakkan kaki di Pulau Dewata.

"Pelaku pariwisata dan masyarakat sudah siap (menyambut wisman). Tentu dengan standar protokol kesehatan yang ketat," kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: Jokowi: Kunci Pemulihan Ekonomi Bali adalah Kemampuan Mengatasi Pandemi

Cok Ace menuturkan, alur kedatangan wisman saat tiba di Bali sudah tersusun dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Jika nanti pemerintah pusat memutuskan membuka pintu wisatawan mancanegara di Bali pada Juli, alur yang sudah dibuat itu akan bisa langsung diterapkan.

Melakukan tes swab PCR

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat mereka memasuki pintu kedatangan Bandara Ngurah Rai maka mereka wajib mengikuti SOP yang diberlakukan di bandara Internasional Ngurah Rai yakni langkah pertama adalah melakukan PCR," kata dia.

Langkah ini akan ditangani langsung oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang merupakan garda terdepan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Pihak KKP, lanjut Cok Ace, juga akan mengarahkan wisman pengisian kelengkapan registrasi tentang perlindungan diri.

Baca juga: Bapak dan Anak Meninggal Hampir Bersamaan, Bermula Kaget Saat Sang Ayah Tenggelam

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X