Jelang First Flight, Penumpang Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga Bakal Transit di Tenda

Kompas.com - 19/05/2021, 12:18 WIB
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi meninjau pembangunan tenda roder untuk terminal sementara Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Selasa (18/5/2021) KOMPAS.COM/MOHAMAD IQBAL FAHMIBupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi meninjau pembangunan tenda roder untuk terminal sementara Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Selasa (18/5/2021)

PURBALINGGA, KOMPAS.com– PT Angkasa Pura (AP) II optimistis Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) dapat beroperasi dan melakukan penerbangan perdana (first flight) pada 1 Juni 2021.

Sarana pendukung utama yang dibutuhkan seperti tenda roder untuk terminal penumpang sudah rampung.

Fasilitas yang dibutuhkan hanya sebatas pemasangan perangkat elektronik, penataan lingkungan dan parkir di sekitar tenda.

“Terminal ini sudah tapi masih butuh pavingisasi dari Angkasa Pura II, mudah-mudahan akhir bulan ini bisa siap 100 persen untuk first flight yang direncanakan tanggal 1 Juni 2021. Mudah-mudahan agenda ini tepat waktu dan tidak mundur-mundur lagi,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat meninjau Bandara JBS, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Batal Beroperasi Saat Lebaran, Bandara Jenderal Soedirman Mulai Layani Penumpang 1 Juni 2021

Tenda roder untuk terminal sementara ini, kata Tiwi, dibangun dengan anggaran Rp 628.320.000.

Tenda ini berkualitas tinggi dan tahan terhadap terjangan angin kencang 100 kilometer per jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tenda ini diklaim berumur panjang dan berdiri di atas lantai beton yang tebal.

Executive General Manager Bandara JBS, Catur Sudarmono optimistis Bandara JBS dapat beroperasi tepat waktu.

Keyakinan itu muncul karena syarat administrasi bandara yang berlokasi di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah telah terbit semua.

“Persiapan administrasi, dokumen, SBU sudah terbit semua, tinggal ini penyelesaian teknis dan fisik di lapangan saja. Administrasi antara Airlines dan Airnav juga dalam waktu dekat bisa selesai dengan teman-teman TNI,” katanya.

Baca juga: Sedang Amankan Proyek Pagar Bandara di Papua, 2 Prajurit TNI Gugur Dikeroyok 20 OTK, Pelaku Lari ke Hutan

Catur menuturkan, airlines atau maskapai penerbangan yang baru bisa melayani rute ke Bandara JB Soedirman yakni Citilink.

Rute yang tersedia untuk waktu dekat yakni rute ke Bandara Halim Perdanakusuma (HLP).

“Info yang kami dapat masih Citilink. untuk yang lain belum ada informasi secara pasti yang bisa kami sampaikan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.