Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shalat Gaib untuk 53 Kru KRI Nanggala-402, Danrem: Semoga Mereka Ditempatkan di Tempat Paling Indah

Kompas.com - 27/04/2021, 20:33 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Komandan Korem (Danrem) 011/ Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro bersama seluruh prajurit TNI beserta keluarga besar melaksanakan shalat gaib untuk 53 prajurit TNI KRI Nanggala 402 yang gugur di perairan Bali, Selasa (27/4/2021).

Shalat gaib dilaksanakan di masjid masing-masing Kodim jajaran Korem 011/Lilawangsa. Shalat dan doa bersama tersebut berlangsung serentak setelah shalat zuhur berjamaah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Baca juga: Ridwan Kamil Beri Santunan Rp 100 Juta untuk Keluarga Korban Kru KRI Nanggala-402

Danrem 011/ Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro menjelaskan, shalat gaib dan doa bersama itu dilakukan sebagai rasa keprihatinan terhadap musibah yang menjadi perhatian dunia internasional itu.

"Dari hati yang paling dalam, saya dan keluarga besar Korem 011/Lilawangsa turut mendoakan 53 prajurit TNI terbaik yang sedang melaksanakan tugas di KRI Nanggala-402. Semoga Allah menempatkan mereka di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini,” ucap Baskoro.

Ia juga mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan itu turut mendoakan para pejuang bangsa yang gugur sebagai syuhada, yakni 53 prajurit TNI AL yang menjadi patriot bangsa.

"Semoga almarhum semua mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT," tutur Danrem mengawali shalat gaib.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melaporkan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali resmi dinyatakan gugur, Senin (25/4/2021). Seluruh awak kapal akan diberi kenaikan pangkat secara berjenjang.

Baca juga: Hormati Awak KRI Nanggala-402, Bupati Sidoarjo Instruksikan Pengibaran Bendera Setengah Tiang 3 Hari

Seperti diketahui, dari 53 awak kapal kru kapal selam KRI Nanggala 402, salah satunya adalah putra terbaik Aceh, yaitu Letkol Laut (E) Irfan Suri, yang juga adik dari Kepala Staf Korem (Kasrem) 011/ LW Letkol Czi M Ridha Has. Keduanya adalah putra dari M Hasan Yakob, mantan kepala SMAN 1 dan SMAN 3 Banda Aceh di era 80-an serta terakhir menjadi kepala SMAN Modal Bangsa, Aceh Besar, yang kini menetap di Banda Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com