Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penukaran Uang Baru THR Lebaran, BI Sumsel Siapkan Rp 9,4 Triliun

Kompas.com - 26/04/2021, 07:30 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan menyiapkan uang pecahan sebanyak Rp 9,4 triliun untuk penukaran uang Tunjangan Hari Raya (THR).

Kepala Kantor Bank Indonesia Sumatera Selatan Hari Widodo mengatakan, dana tersebut dipersiapkan untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan dan mesin ATM di setiap perbankan.

Tak hanya di Sumatera Selatan, dana itu juga untuk memenuhi kebutuhan uang di wilayah Jambi, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Baca juga: Jelang Lebaran, BI Tegal Siapkan Rp 2,95 Triliun untuk Penukaran Uang Baru

Hari menjelaskan, kebutuhan uang untuk di Sumatera Selatan pada tahun ini diperkirakan sekitar Rp 3,15 triliun dan meningkat 6 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 2,97 triliun.

"Perkiraan tersebut diperoleh dari proyyeksi kebutahan perbankan di Sumatera Selatan,"kata Hari, kepada wartawan, Sabtu (24/4/2021)

Menurut Hari, pada kondisi pandemi Covid-19 ini Bank Indonesia Sumatera Selatan meniadakan penukaran uang di kantor mereka.

Namun, masyarakat dapat menukar uang pencahan di 169 titik lokasi kantor cabang bank umum yang ada di wilayah Sumatera Selatan.

"Bank Indonesia bekerjsama dengan 28 bank umum untuk melaksanakan layanan penukaran uang pecahan kecil. Terhitung pada Jumat (23/4/2021) kemarin, masyarakat sudah bisa melakukan penukaran, sampai 11 Mei "ujarnya.

Baca juga: Cara Penukaran Uang Rp 75.000 di Semua Bank Umum

Hari pun mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat resmi untuk mengantisipasi adanya peredaran uang palsu menjelang Lebaran. 

"BI Sumsel juga memastikan tidak ada peredaran uang yang tidak layak edar atau dalam keadaan rusak,"jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com