Jelang Lebaran, Terminal Bus Blitar Lakukan Tes GeNose C19 Secara Acak untuk Penumpang

Kompas.com - 20/04/2021, 15:26 WIB
Seorang calon penumpang mengisi formulir sebelum menjalani pengetesan Covid-19 menggunakan GeNose C19 di Terminal Patria Blitar, Jawa Timur, Selasa (20/4/2021) KOMPAS.COM/ASIP HASANISeorang calon penumpang mengisi formulir sebelum menjalani pengetesan Covid-19 menggunakan GeNose C19 di Terminal Patria Blitar, Jawa Timur, Selasa (20/4/2021)

BLITAR, KOMPAS.com - Memasuki pekan kedua bulan puasa ramadhan, Terminal Bus Patria Blitar melakukan pengetesan Covid-19 menggunakan GeNose C19 terhadap penumpang.

Kepala Terminal Bus Tipe A Blitar Verie Sugiharto mengatakan, pengetesan dilakukan secara acak terhadap 10 penumpang setiap harinya.

"Kita tes penumpang secara acak, baik penumpang datang atau pun penumpang berangkat. Yang pasti dalam sehari kita harus lakukan pengetesan kepada 10 penumpang," ujar Verie saat ditemui di ruang kerjanya di terminal bus di Jalan Kenari Kota Blitar, Selasa (20/4/2021).

Sasaran pengetesan juga tidak terbatas hanya penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP), tetapi juga penumpang bus antar kota dalam provinsi (AKDP).

Verie mengatakan, kebijakan pengetesan Covid-19 secara acak menggunakan GeNose C19 tersebut mulai dijalankan sejak Senin (19/4/2021).

Baca juga: Cerita Mukhtar, Mantan Teroris yang Kini Jadi Petani, Tanam Porang dan 900 Pohon Pepaya

Hingga Selasa siang, pihaknya telah melakukan 15 pengetesan menggunakan GeNose C19 dan semuanya menunjukkan hasil negatif.

Menurutnya, pengetesan Covid-19 secara acak terhadap 10 penumpang setiap hari akan terus dilaksanakan hingga memasuki masa Lebaran.

Verie mengatakan, pihaknya mendapatkan pasokan kantong untuk pengambilan sampel napas penumpang yang hendak dites sebanyak 300 buah.

Verie belum dapat memastikan apakah jumlah penumpang yang dites akan ditambah saat mendekati Idul Fitri.

"Sementara kita jalankan ini, 10 penumpang per hari," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X