Akun Media Sosial Universitas Jember Diretas, Lapor Dikti

Kompas.com - 19/04/2021, 17:52 WIB
Akun instagram Universitas Jember yang diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab Kompas.com/Bagus SupriadiAkun instagram Universitas Jember yang diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab

JEMBER, KOMPAS.com – Akun media sosial Universitas Jember, mulai dari Instagram, Twitter hingga Facebook diretas oleh orang tak dikenal.

Pihak kampus langsung melaporkan kasus tersebut pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kronologi akun tersebut diretas bermula pada hari Minggu (18/4/2021).

Saat itu, staf humas Univeritas Jember hendak membuka media sosial untuk menjawab pertanyaan dan melakukan pembaharuan informasi terkait Universitas Jember.

“Akun media sosial yang pertama kali dibuka adalah Twitter,” kata Wakil koordinator bidang Humas Universitas Jember Didung Rohkmad Hidayanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Baca juga: KKB Diduga Melakukan Kekerasan Seksual terhadap Anak-anak

Namun, ketika hendak membuka Twitter, login ditolak dengan notifikasi akun e-mail yang dimasukan tidak valid.

Setelah itu, Unej mencoba mengecek masalah tersebut dengan login ke akun email humas@unej.ac.id, namun email humas unej juga tidak bisa dibuka.

“Dugaan sementara email tersebut juga baru saja diretas,” ujar dia.

Mengetahui ada dugaan peretasan tersebut, pihak humas Unej langsung melaporkan hal itu pada Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informatik dan Komunikasi (UPT TIK).

Setelah itu, email langsung direset dan kembali aman.

“Setelah email aman, maka kami buka lagi dan ada notifikasi dari FB dan Twitter,” terang Didung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X