Kompas.com - 16/04/2021, 14:54 WIB
Aipda Purnomo (kanan) saat menyerahkan bantuan sepeda motor bekas kepada Andik Santoso. Dok. Aipda PurnomoAipda Purnomo (kanan) saat menyerahkan bantuan sepeda motor bekas kepada Andik Santoso.

LAMONGAN, KOMPAS.com - Perjuangan Andik Santoso (33), seorang guru honorer asal Desa Kedungkempul, Kecamatan Sukorame, Lamongan, menggugah banyak orang.

Salah satunya anggota Lantas Polsek Babat Polres Lamongan Aipda Purnomo. Purnomo tergugah setelah melihat unggahan foto di media sosial Andik yang memperlihatkan aktivitas pergi dan pulang mengajar.

Purnomo yang merupakan salah satu pentolan sebuah komunitas berbagi, juga memiliki banyak pengikut di media sosial.

Purnomo pun mengunggah foto Andik di media sosialnya. Ternyata, ada tiga pengikut media sosialnya yang sepakat membantu Andik.

"Setelah saya posting di medsos, rupanya ada tiga orang yang mengaku follower saya dan sepakat ingin membantu untuk urunan membelikan Pak Guru Andik sepeda motor bekas," ujar Purnomo saat dihubungi, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Membelot, Seorang Anggota TNI Bergabung dengan KKB di Intan Jaya

Purnomo mengatakan, tiga orang itu ikhlas membantu. Mereka meminta identitasnya tak diungkapkan ke publik.

Saat itu, dana bantuan yang terkumpul sekitar Rp 6 juta, Rp 4 juta di antaranya merupakan sumbangan dari ketiga orang tersebut.

Selain itu, kata Purnomo, ada pula seseorang yang enggan identitasnya disebutkan memberikan bantuan Rp 6 juta. Sehingga, total bantuan terkumpul Rp 12 juta.

Dokumentasi Andik Santoso, guru honorer yang mengajar di SDN Jipurapah 2, Dusun Kedung Dendeng, Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.KOMPAS.COM/FB ANDIK SANTOSO Dokumentasi Andik Santoso, guru honorer yang mengajar di SDN Jipurapah 2, Dusun Kedung Dendeng, Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Setelah uang terkumpul, Purnomo mencari sepeda motor bekas yang dirasa cocok untuk menemani Andik melibas jalanan dengan kontur ekstrem.

Akhirnya, ia menemukan motor merek Honda Tiger keluaran 2010 yang telah dimodifikasi untuk melibas medan off road. Ia pun menebus motor seharga Rp 7 juta itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X