Kompas.com - 15/04/2021, 13:06 WIB
Rutan Kelas I Solo di Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIRutan Kelas I Solo di Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah.

SOLO, KOMPAS.com - Rumah tahanan negara (Rutan) Kelas I Solo, Jawa Tengah, menggelar pesantren Ramadhan bagi warga binaan muslim.

Pesantren Ramadhan rencananya akan mulai dilaksanakan pada Senin (19/4/2021) diikuti sekitar 100 orang warga binaan.

Kasubsi Bantuan Hukum Rutan Kelas I Solo Joko mengatakan, pesantren Ramadhan merupakan kegiatan rutin tahunan, sekaligus meningkatkan keimanan warga binaan.

Baca juga: Tradisi Pembagian Bubur Samin di Masjid Darussalam Solo Kembali Ditiadakan

Kegiatan ini, lanjut Joko, sempat ditiadakan pada Ramadhan 2020 karena pandemi wabah Covid-19.

"Karena ada pelonggaran dari pemerintah, maka tahun ini kegiatan pesantren Ramadhan kembali kita laksanakan," kata Joko kepada Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/4/2021).

Joko mengatakan peserta pesantren Ramadhan dibagi menjadi dua gelombang berlangsung selama dua pekan. Pekan pertama diiukuti 50 orang dan pekan kedua 50 orang.

Pesantren Ramadhan dimulai dari pagi hingga siang menjelang waktu Shalat Dzuhur atau sekitar pukul 12.00 WIB.

"Gelombang pertama satu minggu dan gelombang dua satu minggu. Materinya nanti diisi dari luar seperti Kementerian Agama, pondok pesantren dan lain-lain," ungkap dia.

Baca juga: Ramadhan, Vaksinasi Covid-19 di Kota Tegal Tetap Digelar Siang Hari

Selain pesantren Ramadhan, Rutan Solo juga menyelenggarakan ibadah Shalat Tarawih dan tadarus Al Quran bagi warga binaan muslim selama bulan Ramadhan.

Pihaknya berharap, warga binaan yang mengikuti pesantren Ramadhan bisa menjadi agen perubahan akhlak, moral dan spiritual terhadap warga binaan lain.

"Nanti santri-santri yang lulus bisa sebagai agen perubahan akhlak, moral dan spiritual bagi warga binaan Rutan Solo yang lain," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X