800 Pelaku Wisata Kulon Progo Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 15/04/2021, 07:31 WIB
 Ilustrasi vaksinasi. Dok. Shutterstock Ilustrasi vaksinasi.

KULON PROGO, KOMPAS.com – Sebanyak 800 pelaku wisata di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimwa Yogyakarta (DIY), menjadi sasaran vaksinasi Covid-19.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kulon Progo M Juaini menerangkan, pihaknya telah mengusulkan nama-nama para pelaku wisata untuk mengikuti vaksin ini.

Mereka dari 38 obyek wisata yang dikelola masyarakat dan delapan destinasi wisata yang dikelola pemerintah.

“Mereka adalah yang ada di bagian terdepan di kawasan wisata, seperti penarik tiket hingga petugas kebersihan. Mereka ini adalah yang kontak langsung dengan pengunjung,” kata Juaini, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Selama Ramadhan, Vaksinasi Lansia di Banyumas Digelar Malam Hari

Ketua Pengelola Wisata Kalibiru Sudadi mengungkapkan, ada enam pelaku wisata yang menerima vaksin Sinovac di Puskesmas Kokap 2.

Mereka adalah pengelola, operator, bagian pengamanan, hingga petugas kebersihan.

“Vaksinasi bagi kami sangat penting sebagai pelaku wisata turut mencegah penularan Covid-19, terlebih mengingat para pengunjungnya dari berbagai wilayah,” kata Sudadi.

Dia mengungkapkan, vaksinasi melengkapi berbagai upaya memenuhi protokol kesehatan yang sudah diterapkan selama ini baik pada obyek wisata maupun petugas wisata.

Dengan demikian, ia berharap situasi cepat kembali normal dan kondisi pariwisata bangkit kembali.

Pasalnya, pandemi dirasa benar-benar telah menghancurkan perekonomian masyarakat di kawasan wisata Kalibiru.

Baca juga: Kades dan Lurah Diminta Aktif Mobilisasi Lansia untuk Ikut Vaksinasi Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X