Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa Malang, Khofifah Minta 3 Layanan Dasar Segera Diperbaiki

Kompas.com - 11/04/2021, 12:23 WIB
Andi Hartik,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi lokasi terdampak gempa di Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021).

Salah satu yang dikunjungi Khofifah adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Malang yang ada di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Sejumlah ruangan di sekolah itu mengalami rusak parah. Atap bangunan hancur akibat getaran gempa.

Khofifah meminta, penanganan kerusakan akibat gempa itu diprioritaskan pada fasilitas layanan dasar masyarakat. Seperti rumah ibadah, lembaga pendidikan dan layanan kesehatan.

"Tiga layanan ini harus mendapatkan prioritas," jelasnya.

Baca juga: Tercatat 9 Kali Gempa Susulan di Malang, Ini Penjelasan BMKG

Khofifah mengatakan, karena akan memasuki Bulan Ramadhan, rumah ibadah Umat Muslim seperti masjid dan mushala yang rusak ringan harus segera diperbaiki.

"Karena besok masuk pada Bulan Ramadhan maka yang saya pesankan antara lain fasilitas ibadah. Apakah mushala atau masjid kalau rusak-rusak ringan bisa segera dilakukan proses perbaikan," katanya di MAN 2 Malang di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Menurutnya, personil TNI dan Polri sudah siap memperbaiki kerusakan itu. Khofifah mengaku sudah berkoordinasi dengan Panglima Kodam V/Brawijaya untuk mengerahkan prajuritnya dalam perbaikan kerusakan terdampak gempa.

"Pak Pangdam juga memastikan timmya di jajaran Kodim, Korem, bahkan, kalau di sini ada Divif 2 Kostrad itu akan dikerahkan untuk perbaikan secepatnya," katanya.

Baca juga: Dampak Gempa Malang di Tulungagung, 49 Bangunan Rusak, 1 Orang Luka Ringan

Namun, untuk kerusakan sedang hingga berat, Khofifah meminta proses perbaikan harus mempertimbangkan kondisi struktur bangunannya.

"Tapi kalau rusaknya sedang sampai dengan berat tentu harus dilihat konstruksinya," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang hingga Minggu (11/3/2021) pukul 10.00 WIB, jumlah sekolah yang rusak akibat gempa sebanyak 15 unit, fasilitas kesehatan sebanyak delapan unit, rumah ibadah sebanyak 30 unit dan fasilitas umum sebanyak 13 unit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com